Pengaruh Penggunaan Media Cerita Bergambar Terhadap Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas IV SD Negeri Tidung Kota Makassar.

Tina Rianti (2024) Pengaruh Penggunaan Media Cerita Bergambar Terhadap Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas IV SD Negeri Tidung Kota Makassar.

[img] Text
jurnal tina.pdf

Download (488kB)

Abstract

Tina Rianti, 2023. Pengaruh Penggunaan Media Cerita Bergambar Terhadap Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas IV SD Negeri Tidung Kota Makassar. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar (dibimbing oleh Andi Dewi Riang Tati dan Syamsuryani Eka Putri Atjo). Penelitian ini adalah penelitian eksperimen yang bertujuan 1) untuk mengetahui gambaran penggunaan Media Cerita Bergambar di kelas IV SD Negeri Tidung Kota Makassar, 2) untuk mengetahui gambaran peningkatan kemampuan membaca pemahaman siswa di kelas IV SD Negeri Tidung Kota Makassar, 3) untuk mengetahui pengaruh Media Cerita Bergambar terhadap peningkatan kemampuan membaca pemahaman siswa kelas IV SD Negeri Tidung Kota Makassar. Jenis penelitian ini yaitu Quasi Eksperimental Design dengan menggunakan desain Nonequivalent Control Group. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Negeri Tidung Kota Makassar berjumlah 46 orang, sedangkan sampel pada penelitian ini berjumlah 46 orang. Variabel penelitian terdiri dari variabel bebas yaitu penggunaan media cerita bergambar dan variabel terikat yaitu kemampuan membaca pemahaman siswa. Prosedur penelitian yang digunakan dengan dua tahap, yaitu tahap persiapan dan tahap pelaksanaan. Teknik pengumpulan data penelitian ini melakukan observasi, tes, dan dokumentasi dengan teknik analisis data menggunakan teknik deskriptif dan inferensial yang terbagi atas uji analisis normalitas, homogenitas dan hipotesis. Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa 1) penggunaan media cerita bergambar saat digunakan menjadikan siswa tertarik sehingga berdasarkan hasil posttest pada kelas eksperimen menunjukkan bahwa penggunaan media cerita bergambar saat digunakan mengakibatkan dampak positif sehingga menghasilkan kategori baik, 2) peningkatan kemampuan membaca pemahaman siswa berdasarkan hasil posttest pada kelas eksperimen menunjukkan kategori kemampuan membaca sedang, 3) sedangkan kelas kontrol berada pada kategori rendah. Berdasarkan hal tersebut dapat disimpulkan bahwa 1). Gambaran penggunaan media berada pada kategori sangat baik 2). Peningkatan kemampuan membaca berada pada kategori sedang 3). Terdapat pengaruh penggunaan media cerita bergambar terhadap kemampuan membaca pemahaman siswa kelas IV SD Negeri Tidung Kota Makassar.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 19 Jan 2024 05:58
Last Modified: 19 Jan 2024 05:58
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/35027

Actions (login required)

View Item View Item