Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Pada Pembelajaran Tematik Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV SD Inpres 6/75 Malimongeng Salomekko Bone

Hidayat Junaid (2024) Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Pada Pembelajaran Tematik Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV SD Inpres 6/75 Malimongeng Salomekko Bone.

[img] Text
JURNAL HIDAYAT JUNAID (1).pdf

Download (145kB)

Abstract

Hidayat Junaid. Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Pada Pembelajaran Tematik Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV SD Inpres 6/75 Malimongeng Salomekko Bone. Skripsi. Jurusan Pendidikan guru sekolah dasar, fakultas ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Makassar (dibimbing oleh Hamzah Pagarra dan Nurhaedah). Pesatnya perkembangan teknologi memberikan perubahan pada dunia pendidikan, perubahan muncul karena terjadinya pengembangan pengetahuan, keteremapilan baru serta perubahan sikap. Untuk menghadapi perubahan yang terjadi pada dunia pendidikan, siswa diharapkan mampu menguasai berbagai disiplin ilmu dan guru diharapkan mampu menciptakan pembelajaran yang berkualitas. Salah satu model pembelajaran yang dapat digunakan oleh guru dalam proses pembelajaran adalah model pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu Bagaimanakah gambaran model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) pada pembelajaran tematik terhadap siswa kelas IV SD Inpres 6/75 Malimongeng Salomekko Bone, bagaimanakah gambaran hasil belajar pada siswa kelas IV SD Inpres 6/75 Malimongeng Salomekko Bone dan apakah ada pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) pada pembelajaran tematik terhadap hasil belajar siswa kelas IV SD Inpres 6/75 Malimongeng Salomekko Bone. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Inpres 6/75 Malimongeng Salomekko Bone yang terdiri dari 2 kelas yaitu kelas A dan kelas B, sedangkan Sampelnya adalah kelas IV A sebagai kelas eksperimen dengan jumlah siswa 17 orang dan kelas IV B sebagai kelas kontrol dengan jumlah siswa 17 orang. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial. Data hasil penelitian diperoleh dengan memberikan soal pretest dan posttest, nilai rata-rata pretest siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol yaitu 43,82% dan 39,12% sedangkan nilai rata-rata posttest siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol yaitu 81,47% dan 72,06%. Uji homogenitas data pretes dan posttest kelas eksperimen dan kontrol diperoleh nilai signifikan 0,534 > α 0,05. Hal ini dapat disimpulkan bahwa pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) pada pembelajaran tematik berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar siswa kelas IV SD Inpres 6/75 Malimongeng Salomekko Bone.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 19 Jan 2024 05:54
Last Modified: 19 Jan 2024 05:54
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/35026

Actions (login required)

View Item View Item