Pengaruh Penggunaan Media Animasi Terhadap Hasil Belajar IPA Kelas IV A SD Negeri Panaikang II

Dirga Aprilian (2024) Pengaruh Penggunaan Media Animasi Terhadap Hasil Belajar IPA Kelas IV A SD Negeri Panaikang II.

[img] Text
JURNAL DIRGA.pdf

Download (222kB)

Abstract

Dirga Aprilian, 2023. Pengaruh Penggunaan Media Animasi Terhadap Hasil Belajar IPA Kelas IV A SD Negeri Panaikang II. Skripsi dibimbing oleh Sayidiman,S.Pd., M.Pd, dan Andi Dewi Riang Tati,S.Pd., M.Pd. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Makassar Penelitian ini adalah penelitian yang menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian pre-eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui (1) Gambaran penerapan media animasi di kelas IV A SD Negeri Panaikang II, (2) Gambaran hasil belajar peserta didik kelas IV A SD Negeri Panaikang II, dan (3) Pengaruh penerapan media animasi terhadap hasil belajar peserta didik kelas IV A SD Negeri Panaikang II. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah penerapan media animasi, sedangkan variabel terikatnya adalah hasil belajar peserta didik. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Negeri Panaikang II sebanyak 50 orang, sedangkan sampelnya adalah kelas IV A sebagai kelas eksperimen dengan jumlah peserta didik 24 orang dengan teknik pengambilan sampel purposive sampling. Hasil penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa (1) Gambaran media animasi di kelas IV A SD Negeri Panaikang II berlangsung secara efektif dikarenakan kategori persentase untuk setiap pertemuan meningkat. (2) Gambaran hasil belajar peserta didik kelas IV A SD Negeri Panaikang II mengalami peningkatan. Hal tersebut dibuktikan dari nilai posttest peserta didik berada pada kategori tinggi setelah diberikan perlakuan sedangkan nilai pretest berada pada kategori sedang sebelum di berikan perlakuan. (3) Data hasil penelitian diperoleh dengan memberikan pre test dan post test berupa tes pilihan ganda. Berdasarkan hasil analisis statistika inferensial diperoleh nilai Sig. (2-tailed) dari hasil uji Paired Sample Test sebesar 0.000 nilai tersebut lebih kecil dari α= 0,05. Hal ini dapat disimpulkan bahwa media animasi memiliki pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar peserta didik kelas IV A SD Negeri Panaikang II.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 19 Jan 2024 03:29
Last Modified: 19 Jan 2024 03:29
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/35025

Actions (login required)

View Item View Item