Peran Guru dalam Menanamkan Karakter Disiplin Siswa dikelas IV SDN 19 Pacikombaja Kecamatan Labakkang Kabupaten Pangkep.

Nurul Sakinah (2024) Peran Guru dalam Menanamkan Karakter Disiplin Siswa dikelas IV SDN 19 Pacikombaja Kecamatan Labakkang Kabupaten Pangkep.

[img] Text
Jurnal Skripsi NURUL SAKINAH.pdf

Download (505kB)

Abstract

Nurul Sakinah, 2023. Peran Guru dalam Menanamkan Karakter Disiplin Siswa dikelas IV SDN 19 Pacikombaja Kecamatan Labakkang Kabupaten Pangkep. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. (dibimbing oleh Amir Pada dan Hikmawati Usman) Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran peran guru dalam menanamkan karakter disiplin siswa dikelas IV SDN 19 Pacikombaja Kecamatan Labakkang Kabupaten Pangkep. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Subyek penelitian ini adalah guru wali kelas, guru agama islam, guru olahraga dan 18 siswa kelas 4 SDN 19 Pacikombaja. Pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik yang digunakan dalam analisis data adalah reduksi data, penyajian data dan pengambilan kesimpulan. Triangulasi yang digunakan untuk menjelaskan keabsahan data yaitu triangulasi teknik. Penelitian ini menghasilkan informasi berupa peran guru dalam menanamkan karakter disiplin pada siswa kelas IV SDN 19 Pacikombaja dengan peran guru sebagai pengajar, penasehat, mediator dan fasilitator serta peran guru sebagai evaluator telah di lakukan sebagaimana yang di jelaskan dalam teori, adapun karakter disiplin yang masih rendah berupa masih adanya siswa yang datang ke sekolah tidak tepat waktu, penyelesaian tugas belum tepat waktu serta masih terjadi kecurangan dalam ujian tetapi guru melakukan beberapa upaya dalam menangani hal tersebut berupa pembinaan dengan keteladanan, pembinaan dengan pembiasaan, pembinaan nasehat yang baik serta pembinaan dengan hukuman untuk dapat membantu dalam menanamkan karakter disiplin pada siswa kelas IV SDN 19 Pacikombaja.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 19 Jan 2024 03:14
Last Modified: 19 Jan 2024 03:14
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/35024

Actions (login required)

View Item View Item