Nurul Wahyu (2024) Pengaruh Pemanfaatan Program Pojok Baca terhadap Pembiasaan Budaya Literasi Peserta didik SDN 53 Makkaraeng Kabupaten Maros.
Text
JURNAL_NURUL WAHYU.pdf Download (492kB) |
Abstract
Nurul Wahyu, 2023. Pengaruh Pemanfaatan Program Pojok Baca terhadap Pembiasaan Budaya Literasi Peserta didik SDN 53 Makkaraeng Kabupaten Maros. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar (dibimbing oleh Syamsiah dan Suarlin). Penelitian ini adalah penelitian eskperimen yang bertujuan untuk: 1) mengetahui kondisi budaya literasi peserta didik di SDN 53 Makkaraeng, 2) mengetahui pemanfaatan program pojok baca di SDN 53 Makkaraeng, dan 3) mengetahui pengaruh dari pemanfaatan program pojok baca terhadap pembiasaan budaya literasi peserta didik di SDN 53 Makkaraeng. Jenis penelitian ini adalah Ex Post Facto, dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi pada penelitian ini adalah peserta didik kelas II dan kelas V SDN 53 Makkaraeng sebanyak 64 peserta didik. Sampel yang digunakan adalah seluruh populasi yaitu dua kelas yang terdiri dari kelas II B (33 peserta didik) dan kelas V B (31 peserta didik). Variable penelitian ini terdiri dari variabel bebas yaitu pemanfaatan program pojok baca dan variabel terikat yaitu budaya literasi peserta didik. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi, angket, dan dokumentasi dengan teknik analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif dan analisis inferensial yang terbagi atas uji analisis normalitas, homogenitas, dan linieritas. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) berdasarkan hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa kondisi budaya literasi peserta didik mengalami peningkatan yang signifikan sehingga memperoleh persentase sebesar 96%, 2) berdasarkan hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa pemanfaatan program pojok baca memberikan dampak positif. 3) berdasarkan perhitungan statistik menunjukkan bahwa terdapat pengaruh pemanfaatan program pojok baca terhadap pembiasaan budaya literasi peserta didik, karena P = 0,000 lebih kecil dari α = 0,05.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1) |
Divisions: | FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN |
Depositing User: | Unnamed user with username pustakawanfip |
Date Deposited: | 19 Jan 2024 02:36 |
Last Modified: | 19 Jan 2024 02:36 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/35023 |
Actions (login required)
View Item |