Penerapan Model SQ3R (Survey, Question, Read, Recite, And Review) Untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Pemahaman Pada Siswa Kelas V UPT SPF SDN 50 Tarawang Kabupaten Soppeng. Skripsi. Jurusan

FAZNUHAL (2024) Penerapan Model SQ3R (Survey, Question, Read, Recite, And Review) Untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Pemahaman Pada Siswa Kelas V UPT SPF SDN 50 Tarawang Kabupaten Soppeng. Skripsi. Jurusan.

[img] Text
5_6125369464339827597.pdf

Download (166kB)

Abstract

FAZNUHAL, 2023. Penerapan Model SQ3R (Survey, Question, Read, Recite, And Review) Untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Pemahaman Pada Siswa Kelas V UPT SPF SDN 50 Tarawang Kabupaten Soppeng. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Makassar. (dibimbing oleh Dra. St. Nursiah B dan Dra. Nurfaizah AP) Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran SQ3R (Survey, Question, Read, Recite, And Review) untuk meningkatkan keterampilan membaca pemahaman siswa kelas V UPT SPF SDN 50 Tarawang Kabupaten Soppeng. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang meliputi tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, tahap observasi, dan tahap refleksi. Subjek penelitian tindakan kelas ini adalah kelas V UPT SPF SDN 50 Tawang yang terdiri dari 17 siswa. Fokus penelitiannya yaitu penerapan model pembelajaran SQ3R (Survey, Question, Read, Recite, And Review) untuk meningkatkan keterampilan membaca pemahaman siswa. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, tes keterampilan membaca, dan dokumentasi. Teknis analisis data yang digunakan kualitatif deskriptif. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan April yang berlangsung selama semester genap tahun ajaran 2022/2023 di UPT SPF SDN 50 Tarawang yang berlokasi di Kelurahan Manorang Salo Kecamatan Marioriawa Kabupaten Soppeng. Peningkatan aktivitas belajar siswa dan guru dapat dilihat dari instrumen lembar observasi. Hasil observasi menunjukkan bahwa seluruh indikator aktivitas mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II. Siswa memberikan respon positif terhadap pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran SQ3R. Hal ini terlihat dari hasil tes keterampilan membaca pemahaman siswa siklus I yaitu berada pada kategori cukup dan siklus II berada pada kategori baik. Berdasarkan hasil observasi aktivitas mengajar guru pada siklus I dikategorikan cukup dan pada siklus II dikategorikan baik. Hasil observasi aktivitas belajar siswa pada siklus I dikategorikan cukup dan pada siklus II dikategorikan baik. Berdasarkan hal tersebut, nilai hasil tes keterampilan membaca pemahaman siswa meningkat, dari siklus I berada dalam kategori cukup, dimana terdapat 7 siswa dikategorikan tuntas dan 10 siswa dikategorikan tidak tuntas. Kemudian meningkat pada siklus II berada dalam kategori baik, dimana terdapat 15 siswa dikategorikan tuntas dan 2 siswa dikategorikan tidak tuntas. Kesimpulan hasil penelitian dan pembahasan ini bahwa penerapan model pembelajaran SQ3R (Survey, Question, Read, Recite, And Review) dapat meningkatkan keterampilan membaca pemahaman siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas V UPT SPF SDN 50 Tarawang Kabupaten Soppeng.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 18 Jan 2024 07:34
Last Modified: 18 Jan 2024 07:34
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/35022

Actions (login required)

View Item View Item