Pengaruh Penggunaan Media Roulette Terhadap Hasil Belajar PPKn Pada Siswa Kelas IV SD Inpres Lasepang Kabupaten Bantaeng. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Makassar

Sitti Fatimah Rosalia Faisal (2024) Pengaruh Penggunaan Media Roulette Terhadap Hasil Belajar PPKn Pada Siswa Kelas IV SD Inpres Lasepang Kabupaten Bantaeng. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
ARTIKEL_SITTI FATIMAH ROSALIA FAISAL_1847041047_PGSD FIP UNM.pdf

Download (554kB)

Abstract

Sitti Fatimah Rosalia Faisal, 2023. Pengaruh Penggunaan Media Roulette Terhadap Hasil Belajar PPKn Pada Siswa Kelas IV SD Inpres Lasepang Kabupaten Bantaeng. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Makassar. (dibimbing oleh Nasaruddin dan Hamzah Pagarra). Penelitian ini mengkaji tentang pengaruh penggunaan media roulette terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran PPKn. Tujuan penelitian ini, yaitu (1) untuk mengetahui gambaran penggunaan media roulette dalam pembelajaran PPKn pada siswa kelas IV SD Inpres Lasepang Kabupaten Bantaeng; (2) untuk mengetahui hasil belajar PPKn pada siswa di kelas IV SD Inpres Lasepang Kabupaten Bantaeng; (3) untuk mengetahui pengaruh penggunaan media roulette terhadap hasil belajar PPKn pada siswa kelas IV SD Inpres Lasepang Kabupaten Bantaeng. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen dan dengan desain quasi eksperimental. Variabel penelitian terdiri dari dua, yaitu variabel bebas penggunaan media roulette dan variabel terikat hasil belajar siswa pada mata pelajaran PPKn. Adapun populasi penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Inpres Lasepang Kabupaten Bantaeng sedangkan sampelnya adalah kelas IV B dengan jumlah siswa 13 orang siswa dengan teknik pengambilan sampel sampling purposive. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif dan statistik inferensial. Berdasarkan hasil analisis statistik deskriptif menunjukkan pasebahwa hasil belajar siswa kelas eksperimen meningkat setelah penggunaan media roulette. Kemudian berdasarkan hasil analisis inferensial diperoleh nilai Sig. (2- tailed) dari hasil uji independent sample t-test sebesar nol koma nol dua puluh enam dan nilai tersebut lebih kecil dari nilai signifikansi yang telah di tentukan α = nol koma nol lima. Hal ini dapat disimpulkan bahwa media roulette memiliki pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran PPKn pasa siswa kelas IV SD Inpres Lasepang Kabupaten Bantaeng

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 18 Jan 2024 07:30
Last Modified: 18 Jan 2024 07:30
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/35021

Actions (login required)

View Item View Item