Pengaruh Model Cooperative Learning Tipe Picture And Picture Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik Kelas V UPT SD Negeri 1 Bangkala Kabupaten Jeneponto

Nurvita Dewi Wahyu (2024) Pengaruh Model Cooperative Learning Tipe Picture And Picture Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik Kelas V UPT SD Negeri 1 Bangkala Kabupaten Jeneponto.

[img] Text
Jurnal_Nurvita Dewi Wahyu-1947441021.pdf

Download (381kB)

Abstract

Nurvita Dewi Wahyu, 2023, Pengaruh Model Cooperative Learning Tipe Picture And Picture Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik Kelas V UPT SD Negeri 1 Bangkala Kabupaten Jeneponto. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu pendidikan Universitas Negeri Makassar. (dibimbing oleh Widya Karmila Sari Achmad dan Muhammad Irfan).” Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) gambaran pelaksanaan model Cooperative Learning Tipe Picture And Picture terhadap keterampilan berpikir kritis peserta didik kelas V (2) gambaran hasil keterampilan berpikir kritis peserta didik di kelas V (3) pengaruh model cooperative learning tipe picture and picture terhadap keterampilan berpikir kritis peserta didik kelas V UPT SD Negeri 1 Bangkala Kab. Jeneponto. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif bentuk quasi experimental design. Desain yang digunakan dalam penelitian ialah Nonequivalent Control Group Design. Variabel penelitian ini adalah model cooperative learning tipe picture and picture terhadap keterampilan berpikir kritis peserta didik. Adapun populasi penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas V UPT SD Negeri 1 Bangkala Kabupaten Jeneponto. Sampel yang terpilih berdasarkan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data yaitu tes, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial yang terdiri dari uji hipotesis menggunakan independent sampel T-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran cooperative learning tipe picture and picture pada kelas eksperimen berlangsung secara efektif dimana pelaksanaannya berjalan dengan baik dan setiap pertemuan mengalami peningkatan pada proses belajarnya. Kesimpulan penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh model cooperative learning tipe picture and picture terhadap keterampilan berpikir kritis peserta didik kelas V UPT SD Negeri 1 Bangkala Kabupaten Jeneponto

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 18 Jan 2024 07:25
Last Modified: 18 Jan 2024 07:25
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/35020

Actions (login required)

View Item View Item