Analisis Kesulitan Guru Dalam Pembelajaran Tematik di UPTD SD Negeri 110 Barru

Yusnita Ramadhani (2024) Analisis Kesulitan Guru Dalam Pembelajaran Tematik di UPTD SD Negeri 110 Barru.

[img] Text
Artikel_Yusnita Ramadhani .pdf

Download (587kB)

Abstract

Yusnita Ramadhani 2023, Analisis Kesulitan Guru Dalam Pembelajaran Tematik di UPTD SD Negeri 110 Barru. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Makassar (dibimbing oleh khaerunnisa dan sayidiman) Penelitian ini dilakukan berdasarkan permasalahan kesulitan yang dialami guru dalam melaksanakan pembelajaran tematik. Tujuan dari penelitian ini yaitu: (1) untuk menganalisis kesulitan yang dialami guru dalam melaksanakan pembelajaran tematik di UPTD SD Negeri 110 Barru, (2) untuk mendeskripsikan faktor apa saja yang mempengaruhi kesulitan guru di UPTD SD Negeri 110 Barru. Penelitian ini termasuk dalam penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif . Desain yang digunakan dalam penelitian ini yaitu desain penelitian kualititaif. Data dalam penelitian ini dikumpulkan dengan menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data yang di gunakan pada penelitian ini adalah metode analisis kualitatif. Uji keabsahan data pada penelitian ini adalah Kredibilitas, Validitas Eksternal, Reliabilitas dan Objektivitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran tematik di kelas belum sesuai dengan lembar perencanaan pembelajaran RPP yang telah dibuat oleh guru. Penyampaian materi masih terlihat terpisah antar mata pelajaran bahkan guru menjelaskan materi tidak berbentuk tema melainkan per mata pelajaran. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran tematik di UPTD SD Neg

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 18 Jan 2024 07:00
Last Modified: 18 Jan 2024 07:00
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/35019

Actions (login required)

View Item View Item