Pengaruh Penggunaan Flashcard Untuk Meningkatkan Penguasaan Kosakata Bahasa Indonesia Siswa Kelas II SD Negeri 1 Saleppa Kecamatan Banggae Kabupaten Majene

Sefty Okta Auliah As (2024) Pengaruh Penggunaan Flashcard Untuk Meningkatkan Penguasaan Kosakata Bahasa Indonesia Siswa Kelas II SD Negeri 1 Saleppa Kecamatan Banggae Kabupaten Majene.

[img] Text
2 ARTIKEL SEFTY OKTA AULIAH AS.pdf

Download (520kB)

Abstract

Sefty Okta Auliah As, 2023. Pengaruh Penggunaan Flashcard Untuk Meningkatkan Penguasaan Kosakata Bahasa Indonesia Siswa Kelas II SD Negeri 1 Saleppa Kecamatan Banggae Kabupaten Majene. Skripsi. Jurusan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar (dibimbing oleh Muhammad Faisal dan Syamsiah D). Penelitian ini adalah penelitian eksperimen yang bertujuan 1) untuk mengetahui gambaran penggunaan flashcard untuk meningkatkan penguasaan kosakata siswa di kelas II SD Negeri 1 Saleppa, 2) untuk mengetahui gambaran penguasaan kosakata bahasa Indonesia siswa di kelas II SD negeri 1 Saleppa, 3) untuk mengetahui pengaruh penggunaan flashcard dalam penguasaan kosakata bahasa Indonesia siswa di kelas II SD negeri 1 Saleppa. Jenis penelitian ini yaitu Quasi Eksperimental dengan menggunakan desain Nonequivalent Control Grup. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas II SD Negeri 1 Saleppa berjumlah 51 Orang, menggunakan teknik penarikan Probability Sampling yaitu teknik Simple Random Sampling. Variabel penelitian ini terdiri dari variabel bebas yaitu penggunaan flashcard dan variabel terikat yaitu penguasaan kosakata. Prosedur penelitian yang digunakan dengan dua tahap, yaitu tahap persiapan dan tahap pelaksanaan. Teknik pengumpulan data penelitian ini dengan melakukan observasi, tes, dan dokumentasi dengan teknik analisis data menggunakan teknik deskriptif dan inferensial yang terbagi atas uji analisis normalitas, homogenitas, dan hipotesis. Hasil pada lembar observasi menunjukkan bahwa penggunaan flashcard sangat efektif sehingga berada pada kategori sangat baik. Adapun penguasaan kosakata berdasarkan hasil posttest pada kelas eksperimen menunjukkan bahwa penguasaan kosakata bahasa Indonesia berada pada kategori tinggi. Berdasarkan hasil analisis statistic inferensial diperoleh P= 0,000 Lebih kecil α = 0,05 berdasarkan hal tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh flashcard terhadap peningkatan penguasaan kosakata bahasa Indonesia siswa kelas II SD Negeri 1 Saleppa.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 18 Jan 2024 06:56
Last Modified: 18 Jan 2024 06:56
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/35018

Actions (login required)

View Item View Item