Pengaruh Penerapan Model probing Prompting Terhadap Kemampuan Kognitif Siswa Kelas IV SDN 31 Bontomacinna, Kabupaten Bulukumba.

RAHMAT ASWAR (2024) Pengaruh Penerapan Model probing Prompting Terhadap Kemampuan Kognitif Siswa Kelas IV SDN 31 Bontomacinna, Kabupaten Bulukumba.

[img] Text
ARTIKEL.pdf

Download (187kB)

Abstract

RAHMAT ASWAR, 2023. Pengaruh Penerapan Model probing Prompting Terhadap Kemampuan Kognitif Siswa Kelas IV SDN 31 Bontomacinna, Kabupaten Bulukumba. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Makassar. (Dibimbing oleh Widya Karmila Sari Achmad dan Nurhaedah) Penelitian ini dilakukan di SDN 31 Bontomacinna, Kabupaten Bulukumba didasarkan oleh permasalahan belum memaksimalkan penggunaan model pembelajaran di sekolah dan rendahnya kemampuan kognitif siswa kelas IV. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui bagaimana penerapan model pembelajaran probing prompting di kelas IV, (2) mendeskripsikan bagaimana gambaran kemampuan kognitif siswa kelas IV, dan (3) Mengetahui pengaruh model pembelajaran probing prompting terhadap kemampuan kognitif siswa kelas IV. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain quasi eksperimental. Teknik purposive sampling digunakan untuk memilih dua kelas sebagai sampel: kelas eksperimen (IV A) dan kelas Kontrol (IV B). Data dikumpulkan melalui observasi, tes dan dokumentasi, kemudian dianalisis dengan analisis statistik deskriptif dan inferensial. Hasil penelitian menunjukkan penerapan model pembelajaran probing prompting berdampak positif terhadap kemampuan kognitif siswa. Hal ini dibuktikan dari hasil uji analisis statistik SPSS yang menyatakan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan dalam kemampuan kognitif siswa setelah diberikannya perlakuan serta hasil observasi dengan skor presentase yang meningkat dari 77% (baik) pada perlakuan pertama menjadi 94% (sangat baik) pada perlakuan kedua. Berdasarkan hal tersebut dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran probing prompting secara positif berpengaruh terhadap kemampuan kognitif siswa kelas IV SDN 31 Bontomacinna, Kabupaten Bulukumba.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 18 Jan 2024 06:52
Last Modified: 18 Jan 2024 06:52
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/35017

Actions (login required)

View Item View Item