Ulfiani (2024) Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning terhadap Kemampuan Literasi Sains Peserta Didik Kelas V di UPT SPF SDN Mamajang I Kota Makassar.
Text
Artikel Ulfiani 1947041011_terbit.pdf Download (278kB) |
Abstract
Ulfiani, 2023. Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning terhadap Kemampuan Literasi Sains Peserta Didik Kelas V di UPT SPF SDN Mamajang I Kota Makassar. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Makassar (dibimbing oleh Erma Suryani Sahabuddin dan Sayidiman). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) terhadap kemampuan literasi sains peserta didik di UPT SPF SDN Mamajang I Kota Makassar. Desain penelitian yang digunakan adalah Nonequivalent Control Group Design. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah model pembelajaran Project Based Learning sedangkan variabel terikatnya adalah kemampuan literasi sains peserta didik. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial. Data dikumpulkan dari pembagian pretest, treatment, dan posttest. Treatment yang diberikan berupa projek membuat alat penyaring air sederhana. Penelitian ini menunjukkan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) terhadap kemampuan literasi sains peserta didik berada pada kategori sangat efektif, setelah dilakukan uji hipotesis dan analisis maka diperoleh hasil, terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) terhadap kemampuan literasi sains peserta didik. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) berpengaruh terhadap kemampuan literasi sains peserta didik kelas V di UPT SPF SDN Mamajang I Kota Makassar
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1) |
Divisions: | FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN |
Depositing User: | Unnamed user with username pustakawanfip |
Date Deposited: | 18 Jan 2024 06:26 |
Last Modified: | 18 Jan 2024 06:26 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/35015 |
Actions (login required)
View Item |