Penerapan Model Pembelajaran Reading Aloud Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Siswa Kelas II UPT SPF SDN Tanggul Patompo II kota Makassar

Irbah Dhiya Ulhaq (2024) Penerapan Model Pembelajaran Reading Aloud Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Siswa Kelas II UPT SPF SDN Tanggul Patompo II kota Makassar.

[img] Text
53538-131817-1-PB.pdf

Download (463kB)

Abstract

Irbah Dhiya Ulhaq, 2023. Penerapan Model Pembelajaran Reading Aloud Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Siswa Kelas II UPT SPF SDN Tanggul Patompo II kota Makassar. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu pendidikan Universitas Negeri Makassar. Skripsi ini “dibimbing oleh (Ibu Widya Karmila Sari Achmad dan Ibu Nurhaedah).” Penelitian ini dilaksanakan berdasarkan permasalahan rendahnya kemampuan membaca siswa kelas II UPT SPF SDN Tanggul Patompo II Kecamatan Mamajang Kota Makassar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendekripsikan penerapan model pembelajaran reading aloud dalam meningkatkan kemampuan membaca permulaan siswa kelas II UPT SPF SDN Tanggul Patompo II. Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Setiap siklus memilki empat tahapan meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi dan setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan. dengan subjek penelitiannya adalah guru dan siswa kelas II yang berjumlah 31 siswa yang terdiri dari 17 laki-laki dan 14 perempuan. Fokus penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran reading aloud untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan siswa. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan teknik observasi, tes, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Model pembelajaran reading aloud adalah model pembelajaran yang mengarahkan pada pemahaman materi dengan menggunakan kekuatan membaca keras. Dengan menerapkan model pembelajaran reading aloud dapat membantu siswa memfokuskan pikiran, mengajukan pertanyaan dan menstimulasi siswa dalam membaca. Sehingga hal ini siswa akan fokus dalam bacaannya dan siswa memiliki peningkatan dalam kemampuan membaca permulaan siswa. Hasil penelitian menunjukkan ada peningkatan kemampuan membaca permulaan siswa dari siklus 1 dengan kategori ketuntasan kurang kemudian pada siklus II rata-rata kemampuan membaca permulaan siswa semakin meningkat menjadi kategori sangat baik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran reading aloud dapat meningkatkan kemampuan membaca permulaan siswa kelas II UPT SPF SDN Tanggul Patompo II Kecamatan Mamajang Kota Makassar

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 18 Jan 2024 06:00
Last Modified: 18 Jan 2024 06:00
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/35010

Actions (login required)

View Item View Item