Penggunaan media pembelajaran Appreciation Card untuk meningkatkan hasil belajar Seni Budaya dan Prakarya (SBdP) siswa kelas V UPT SPF SD Inpres BTN IKIP I Kota Makassar

Fanny Aulia (2024) Penggunaan media pembelajaran Appreciation Card untuk meningkatkan hasil belajar Seni Budaya dan Prakarya (SBdP) siswa kelas V UPT SPF SD Inpres BTN IKIP I Kota Makassar.

[img] Text
Journal skripsi fanny aulia (194704010).pdf

Download (694kB)

Abstract

Fanny Aulia. 2023. Penggunaan media pembelajaran Appreciation Card untuk meningkatkan hasil belajar Seni Budaya dan Prakarya (SBdP) siswa kelas V UPT SPF SD Inpres BTN IKIP I Kota Makassar. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. (dibimbing oleh Hikmawati Usman, S.Pd., M.Pd., dan Hotimah, S.Pd., Si., M.Pd.) Permasalahan penelitian adalah rendahnya hasil belajar siswa pada muatan pembelajaran Seni Budaya dan Prakarya kelas V UPT SPF SD Inpres BTN IKIP I Kota Makassar. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui penggunaan media pembelajaran Appreciation Card untuk meningkatkan hasil belajar Seni Budaya dan Prakarya (SBdP) siswa kelas V UPT SPF SD Inpres BTN IKIP I Kota Makassar. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan alur kegiatan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi pada tiap-tiap siklus. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas V UPT SPF SD Inpres BTN IKIP I Kota Makassar dengan jumlah siswa 30 orang yang terdiri dari 16 orang perempuan dan 14 laki-laki. Fokus penelitian ini adalah penggunaan media pembelajaran Appreciation Card dan hasil belajar Seni Budaya dan Prakarya (SBdP). Teknik pengumpulan data yang dilakukan melalui tes, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan aktivitas guru dan siswa setelah penggunaan media pembelajaran Appreciation Card dengan dilakukan refleksi melihat kekurangan yang ada pada siklus I kemudian melakukan perbaikan pada siklus II, hal ini dapat dilihat melalui lembar observasi aktivitas guru dan siswa pada siklus II dengan kategori Sangat Baik (SB). Serta hasil belajar siswa pada muatan pembelajaran Seni Budaya dan Prakarya (SBdP). Hal tersebut diikuti dengan meningkatnya hasil belajar siswa pada muatan pembelajaran Seni Budaya dan Prakarya (SBdP). Peningkatan itu dapat dilihat dari presentase ketuntasan hasil belajar siswa setiap siklus, yaitu pada siklus I berada pada kategori sangat rendah, sedangkan pada siklus II berada pada kategori Baik dan ketuntasan minimal siswa sudah tercapai. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah hasil belajar Seni Budaya dan Prakarya (SBdP) pada siswa kelas V UPT SPF SD Inpres BTN IKIP I Kota Makassar melalui penggunaan media pembelajaran Appreciation Card meningkat

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 18 Jan 2024 05:53
Last Modified: 18 Jan 2024 05:53
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/35009

Actions (login required)

View Item View Item