Penggunaan Metode Tutor Sebaya Dalam Meningkatkan Keterampilan Bermain Ansambel Pianika Pada Siswa Kelas V UPT SPF SD Negeri Minasa Upa Kota Makassar

Sinar (2024) Penggunaan Metode Tutor Sebaya Dalam Meningkatkan Keterampilan Bermain Ansambel Pianika Pada Siswa Kelas V UPT SPF SD Negeri Minasa Upa Kota Makassar.

[img] Text
Artikel (Sinar 1947040008).pdf

Download (306kB)

Abstract

Sinar, 2023. Penggunaan Metode Tutor Sebaya Dalam Meningkatkan Keterampilan Bermain Ansambel Pianika Pada Siswa Kelas V UPT SPF SD Negeri Minasa Upa Kota Makassar. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. (Pembimbing : Hikmawati Usman dan Hotimah.) Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya keterampilan bermain ansambel pianika pada siswa kelas V. Adapaun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana penggunaan metode tutor sebaya dalam meningkatkan keterampilan bermain ansambel pianika pada siswa kelas V UPT SPF SD Negeri Minasa Upa Kota Makassar. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan penggunaan metode tutor sebaya dalam meningkatkan keterampilan bermain ansambel pianika pada siswa kelas V UPT SPF SD Negeri Minasa Upa Kota Makassar. Pendekatan dan jenis penelitian menggunakan pendekatan kualitatif yang bersifat deskriptif yaitu penelitian yang diarahkan untuk memberikan fakta-fakta atau kejadian-kejadian secara sistematik dan akurat. Dan jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian tindak kelas (PTK) atau Classroom Action Research. Sumber data diperoleh dari hasil pengamatan dalam pelaksanaan pembelajaran di dalam kelas. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas V UPT SPF SD Negeri Minasa Upa yang berjumlah 28 siswa. Persiapan penelitian ini terdiri atas 2 siklus, setiap siklus mencakup 4 tahap yaitu : perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah: wawancara, observasi, dokumentasi dan tes keterampilan siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Metode tutor sebaya mampu meningkatkan keterampilan bermain ansambel menggunakan alat musik pianika 2) Metode tutor sebaya mampu mengefektifkan waktu pertemuan didalam kelas. Berdasarkan hasil penelitian yang disarankan agar para guru seni budaya menerapkan metode tutor sebaya dalam pembelajaran ansambel musik disekolah. Dengan menggunakan metode tutor sebaya siswa mampu meningkatkan keterampilan bermain ansambel pianika. Peningkatan itu berada pada kategori sangat tinggi dan ketuntasan minimal siswa sudah tercapai. Berdasarkan kesimpulan dalam penilitian ini adalah, Penggunaan pembelajaran metode tutor sebaya dalam meningkatkan keterampilan bermain ansambel painika pada Siswa kelas V UPT SPF SD Negeri Minasa Upa Kota Makassar meningkat

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 18 Jan 2024 05:41
Last Modified: 18 Jan 2024 05:41
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/35008

Actions (login required)

View Item View Item