HANDAYANI, HANDAYANI (2023) PENDAPAT MAHASISWA PESERTA MATA KULIAH DASAR-DASAR TARI SULAWESI SELATAN SEBAGAI MATA KULIAH PILIHAN PADA PRODI PENDIDIKAN SENI RUPA FSD UNM. S1 thesis, Fakultas Seni dan Desain.
Text
JURNAL SKRIPSI - Putri Pinata.pdf Download (246kB) |
Abstract
Prodi Pendidikan Seni Rupa memiliki beberapa mata kuliah pilihan yang harus diprogram oleh mahasiswa di luar dari kompetensinya, salah satunya adalah mata kuliah Dasar-dasar Tari Sulawesi Selatan. Sehingga penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pendapat mahasiswa peserta mata kuliah Dasar-dasar Tari Sulawesi Selatan sebagai mata kuliah pilihan pada Prodi Pendidikan Seni Rupa FSD UNM. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian survei dengan menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif yang menghubungkan fakta dan fenomena yang terjadi. Populasi sebagai sampel penelitian ini adalah semua mahasiswa yang memprogram mata kuliah pilihan Dasar-dasar Tari Sulawesi Selatan sebanyak 12 responden. Teknik analisis data yang digunakan adalah angket/kuesioner. Analisis data menggunakan reduksi data, analisis perbandingan dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa mahasiswa memprogram mata kuliah tersebut karena ingin mengenal, mempelajari dan mengembangkan kemampuan tari daerah Sulawesi Selatan, serta terlaksananya tahapan-tahapan pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan komponenkomponen penunjang pembelajaran yang efektif, efisien, dan tidak membosankan sehingga bisa memudahkan mahasiswa dalam memahami dan mempraktikkan gerak tari. Sehingga dari pelaksanaan pembelajaran ini, diharapkan menjadi bekal bagi mahasiswa kelak ketika menjadi seorang guru mata pelajaran Seni Budaya di sekolah. Kata Kunci: Mata kuliah, pendapat, pelaksanaan pembelajaran
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | FAKULTAS SENI DAN DESAIN > Pendidikan seni Rupa |
Divisions: | FAKULTAS SENI DAN DESAIN |
Depositing User: | Pustaka FSD yayu |
Date Deposited: | 21 Aug 2024 06:55 |
Last Modified: | 21 Aug 2024 06:55 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/35006 |
Actions (login required)
View Item |