Hubungan Penggunaan Aplikasi AKSI (Assemen Kompetensi Siswa Indonesia) Untuk Meningkatkan Kemampuan Minat Membaca Siswa Kelas IV UPT SPF SD Negeri Tidung

Putri Agusni Mangidi (2024) Hubungan Penggunaan Aplikasi AKSI (Assemen Kompetensi Siswa Indonesia) Untuk Meningkatkan Kemampuan Minat Membaca Siswa Kelas IV UPT SPF SD Negeri Tidung.

[img] Text
Artikel Putri Agusni Mangidi.pdf

Download (433kB)

Abstract

Putri Agusni Mangidi, 2023, Hubungan Penggunaan Aplikasi AKSI (Assemen Kompetensi Siswa Indonesia) Untuk Meningkatkan Kemampuan Minat Membaca Siswa Kelas IV UPT SPF SD Negeri Tidung. Dibimbing oleh Nurhaedah Dan Hotimah. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas IlmuPendidikan Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian korelasional dan dengan menggunakan desain penelitian uji korelasi yang bertujuan untuk menemukan Hubungan Penggunaan Aplikasi AKSI Untuk Meningkatkan Minat Membaca Dan Hasil Belajar Siswa Kelas IV UPT SPF SD Negeri Tidung. Populasi dalam penelitian ini yaitu, siswa kelas IV UPT SPF SD Negeri Tidung yang berjumlah 26 siswa. Teknik sampling yang digunakan yakni Teknik nonprobability sampling yakni total sampling dengan berjumlah 26 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dengan kuesioner (angket), tes, lembar observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif, uji validitas, uji linearitas dan uji korelasi. Hasil penelitian menunjukkan baiknya hasil belajar (sebanyak 26 orang dengan nilai rata-rata sebesar 71 ) serta minat baca siswa (3,404 kategori sangat baik) yang menggunakan aplikasi AKSI dalam proses belajarnya. minat membaca berkorelasiterhadap hasil belajar secara signifikan .

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 17 Jan 2024 07:22
Last Modified: 17 Jan 2024 07:23
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/35004

Actions (login required)

View Item View Item