Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif IPA Untuk Siswa Kelas IV SD Inpres Tappanjeng Kabupaten Bantaeng.

Muhammad Nur Rizqy (2024) Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif IPA Untuk Siswa Kelas IV SD Inpres Tappanjeng Kabupaten Bantaeng.

[img] Text
21902-Article Text-71123-1-10-20231206.pdf

Download (922kB)

Abstract

Muhammad Nur Rizqy, 2023. Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif IPA Untuk Siswa Kelas IV SD Inpres Tappanjeng Kabupaten Bantaeng. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Makassar (dibimbing oleh Dr. Muhammad Irfan, S.Pd., M.Pd. dan Abdul Rahman, S.Pd., M.Ed., Ph.D.). Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan sebuah produk Multimedia Pembelajaran Interaktif (MPI) dalam mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam. Penelitian ini termasuk ke dalam penelitian Research and Development (RnD) dengan model pengembangan yaitu model Alessi dan Trollip. Subjek dari penelitian ini adalah guru dan siswa kelas IVA. Pengambilan data dalam penelitian menggunakan teknik angket dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif Analisis kebutuhan siswa menunjukkan bahwa siswa mengalami kesulitan dalam memahami materi yang disampaikan melalui buku teks dibandingkan melalui berbagai macam media pembelajaran. Siswa juga sudah memiliki smartphone tersendiri dan mampu mengoperasikannya dengan baik. Sedangkan analisis kebutuhan guru menunjukkan bahwa guru membutuhkan pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif yang dapat membantu siswa dalam mempelajari materi wujud benda dan perubahannya secara fleksibel. Proses pembuatan, produk meliputi pengembangan ide, identifikasi karakteristik siswa, pembuatan dokumen perencanaan, flowchart dan storyboard, pembuatan elemen pendukung hingga penyusunan produk menjadi sebuah aplikasi android. Produk kemudian melalui 2 tahap pengujian yaitu uji alpha dan uji beta. Hasil Uji alpha yang dil akukan oleh ahli materi dan ahli media, menyatakan bahwa produk termasuk dalam kategori “Sangat Layak.” Dan dapat dilanjutkan ke tahapan berikutnya. Hasil uji beta yang dilakukan guru dan siswa kelas IVA juga menempatkan produk dalam kategori “Sangat Layak”. Dari data tersebut dapat disimpulkan bahwa Multimedia Pembelajaran Interaktif sangat layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran. Baik siswa maupun guru setuju jika Multimedia Pembelajaran Interaktif dapat digunakan sebagai penunjang proses pembelajaran terutama untuk mata pelajaran wujud benda dan perubahannya

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 17 Jan 2024 07:17
Last Modified: 17 Jan 2024 07:17
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/35001

Actions (login required)

View Item View Item