Peran Remaja dalam membantu ekonomi Keluarga (Studi pada keluarga pemecah batu Di Kelurahan Kassi Kecamatan Balocci Kabupaten Pangkep)

Rahmia, Rauf (2012) Peran Remaja dalam membantu ekonomi Keluarga (Studi pada keluarga pemecah batu Di Kelurahan Kassi Kecamatan Balocci Kabupaten Pangkep). S1 thesis, Universitas Negeri Mkassar.

[img] Text
Rahmia Rauf.docx

Download (11kB)

ABSTRAK Rahmia Rauf, 2012. Peran Remaja dalam membantu ekonomi Keluarga (Studi pada keluarga pemecah batu Di Kelurahan Kassi Kecamatan Balocci Kabupaten Pangkep) Skripsi. Fakultas Ilmu Sosial. Universitas Negeri Makassar.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peran remaja yang bekerja sebagai pemecah batu dalam memenuhi kebutuhan ekonomi keluaga serta dampak apa yang ditimbulkan dari remaja yang bekerja sebagai pemecah batu baik dampak positif maupun negatif.Dalam penelitian ini digunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif yaitu data yang diperoleh melalui wawancara, observasi serta apa yang dilihat, didengar dan dirasakan. Penarikan sampel dilakukan dengan menggunakan Purposive sampling yaitu sampel yang diambil berdasarkan pertimbangan tertentu sehingga sampel yang digunakan adalah 10 keluarga pemecah batu yang terdiri dari remaja laki-laki yang berumur 15-18 tahun dan ibu dari remaja yang bekerja sebagai pemecah batu di Kelurahan Kassi Kecamatan Balocci Kabupaten Pangkep. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa remaja yang bekerja sebagai pemecah batu rela meninggalkan bangku sekolah demi membantu keluarga dalam memenuhi kebutuhan keluarga. Selain memenuhi kebutuhan keluarga mereka juga mampu memenuhi kebutuhan pribadi mereka seperti handpone, motor dan lain-lain tanpa harus membebani orang tua mereka. Dari hasil wawancara juga diketahui bahwa penghasilan mereka dalam memecahkan batu digunakan untuk membiayai sekolah adik-adik mereka. Pekerjaan sebagai pemecah batu menjadi pilihan mereka karena disamping tidak membutuhkan keterampilan khusus juga tidak membutuhkan pendidikan yang tinggi. Adapun dampak negatif yang ditimbulkan dari pekerjaan mereka sebagai pemecah batu mebuat mereka sering terluka misalnya tergores, terjepit, bahkan ada yang tertimpa sampai menyebabkan kematian. Sedangkan dampak positifnya yaitu mereka sudah bisa bertanggung jawab baik bagi diri maupun keluarganya, selain itu dengan mereka bekerja maka mereka sudah tidak menjadi beban bagi keluarganya dalam hal ekonomi. iv

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: FAKULTAS ILMU SOSIAL > Sosiologi
Divisions: ?? sch_soc ??
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 26 Apr 2016 07:16
Last Modified: 26 Apr 2016 07:16
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/350

Actions (login required)

View Item View Item