Pengaruh Penerapan Metode Teaching Proficiency Through Reading And Storytelling (TPRS) Terhadap Keterampilan Berbicara Siswa Kelas IV UPT SPF SD Inpres Unggulan Toddopuli

Nurul Wira Elvira (2024) Pengaruh Penerapan Metode Teaching Proficiency Through Reading And Storytelling (TPRS) Terhadap Keterampilan Berbicara Siswa Kelas IV UPT SPF SD Inpres Unggulan Toddopuli.

[img] Text
795+Artikel+Nur+Abidah+25699-25710.pdf

Download (244kB)

Abstract

Nurul Wira Elvira, 2023. Pengaruh Penerapan Metode Teaching Proficiency Through Reading And Storytelling (TPRS) Terhadap Keterampilan Berbicara Siswa Kelas IV UPT SPF SD Inpres Unggulan Toddopuli. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Makassar. Dibimbing oleh ( Nur Abidah Idrus dan Rosdiah Salam) Penelitian ini adalah penelitian eksperimen yang bertujuan (1) untuk mengetahui gambaran penerapan metode Teaching Proficiency Through Reading and Storytelling (TPRS) terhadap keterampilan berbicara siswa kelas IV UPT SPF SD Inpres Unggulan Toddopuli. (2) untuk mengetahui gambaran keterampilan berbicara setelah digunakan metode Teaching Proficiency Through Reading and Storytelling (TPRS) pada pembelajaran siswa kelas IV UPT SPF SD Inpres Unggulan Toddopuli.(3) untuk mengetahui pengaruh metode Teaching Proficiency Through Reading and Storytelling (TPRS) terhadap keterampilan berbicara siswa kelas IV UPT SPF SD Inpres Unggulan Toddopuli. Jenis penelitian yang digunakan adalah Quasi eksperimental design yang merupakan penelitian eksperimen dan desain penelitian yang digunakan berbentuk Nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV UPT SPF SD Inpres Unggulan Toddopuli. Adapun sampel dalam penelitian ini yaitu 45 siswa di kelas IVB (kelas eksperimen) dan 45 siswa di kelas IVA (kelas kontrol) . Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah simple Purposive Sampling. Data hasil penelitian diperoleh dengan menggunakan lembar observasi, tes hasil keterampilan berbicara siswa dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan pada pengujian hipotesis yaitu uji-t dengan bantuan perhitungan SPSS 26.0. Hasil pengukuran keterampilan berbicara siswa membandingkan hasil pretest dan posttest dengan menggunakan metode Teaching Proficiency Through Reading And Storytelling (TPRS) menunjukkan bahwa (1) gambaran penerapan metode Teaching Proficiency Through Reading and Storytelling (TPRS) terhadap keterampilan berbicara siswa kelas IV UPT SPF SD Inpres Unggulan Toddopuli terlaksana dengan kategori baik. (2) gambaran keterampilan berbicara setelah digunakan metode Teaching Proficiency Through Reading and Storytelling (TPRS) pada pembelajaran siswa kelas IV UPT SPF SD Inpres Unggulan Toddopuli menunjukkan adanya perbedaan. Hal ini dibuktikan dengan hasil pretest dan posttest keterampilan berbicara siswa dari kategori cukup menjadi kategori baik. .(3) Dengan demikian, penerapan metode Teaching Proficiency Through Reading and Storytelling (TPRS) berpengaruh terhadap keterampilan berbicara siswa kelas IV UPT SPF SD Inpres Unggulan Toddopuli

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 17 Jan 2024 07:08
Last Modified: 17 Jan 2024 07:08
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/34999

Actions (login required)

View Item View Item