Pengaruh Penerapan Metode Joy Ful Learning Terhadap Kemampuan Menulis Pantun Kelas IV SDN 427 Malewong Kec. Larompong Selatan Kab. Luwu.

Sri Rahayu Ningsi (2024) Pengaruh Penerapan Metode Joy Ful Learning Terhadap Kemampuan Menulis Pantun Kelas IV SDN 427 Malewong Kec. Larompong Selatan Kab. Luwu.

[img] Text
Artikel+Sri+RAHAYU+NINGSI.pdf

Download (145kB)

Abstract

Sri Rahayu Ningsi, 2023. Pengaruh Penerapan Metode Joy Ful Learning Terhadap Kemampuan Menulis Pantun Kelas IV SDN 427 Malewong Kec. Larompong Selatan Kab. Luwu. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. (dibimbing oleh Syamsiah dan Suarlin) Penelitian ini adalah penelitian eksperimen yang bertujuan untuk bagaimanakah gambaran penerapan metode joy ful learning kelas IV SDN 427 Malewong Kec. Larompong Selatan Kab. Luwu. Bagaiamanakah gambaran keterampialan menulis pantun siswa kelas IV SDN 427 Malewong Kec Larompong Selatan Kab Luwu. Apakah terdapat pengaruh penerapan metode joy ful learning terhadap kemampuan keterampialan menulis pantun siswa kelas IV SDN 427 Malewong Kec. Larompong Selatan Kab. Luwu. Jenis penelitian ini mengguanakan Quasi Eksperimental Design. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah penerapan metode joy ful learning sedangkan variabel terikatnya adalah keterampialan menulis pantun siswa. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SDN 427 Malewong Kec. Larompong Selatan Kab. Luwu berjumlah 50 orang, sedangkan sampelnya adalah siswa kelas IVA sebagai kelas eksperimen dengan jumlah siswa 25 orang dan kelas IVB sebagai kelas kontrol dengan jumlah siswa 25 orang melalui teknik penarikan non probability sampling yaitu teknik sampling purposive. Data hasil penelitian diperoleh dengan memberikan pretest dan posttest serta lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran metode joy ful learning. Teknik analisis data yaitu analisis deskriptif dan analisis statistika inferensial. Hasil penelitian ini menujukkan bahwa terdapat pengaruh penerapan metode joy ful learning terhadap kemampuan menulis pantun siswa dilihat dari hasil pretest-posttest siswa pada kelas eksperimen yang menujukkan peningkatan yang signifikan pada kategori rendah menjadi tinggi. Adapun kemampuan menulis pantun siswa berdasarkan kemampuan menulis pantun mengalami peningatan dari berkategori rendah menjadi kategori tinggi. Berdasarkan hal tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penerapan metode joy ful learning terhadap kemampuan menulis pantun siswa kelas IV SDN 427 Malewong Kec. Larompong Selatan Kab. Luwu

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 17 Jan 2024 07:03
Last Modified: 17 Jan 2024 07:03
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/34997

Actions (login required)

View Item View Item