Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Melalui Kegiatan Membuat Bottle Craft Untuk Meningkatkan Kesadaran Peduli Lingkungan Siswa Kelas IV di SDN. 153 Tombolo Kabupaten Bulukumba.

Adella Ahsyani Yusuf (2024) Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Melalui Kegiatan Membuat Bottle Craft Untuk Meningkatkan Kesadaran Peduli Lingkungan Siswa Kelas IV di SDN. 153 Tombolo Kabupaten Bulukumba.

[img] Text
JURNAL- ADELLA AHSYANI.pdf

Download (295kB)

Abstract

Adella Ahsyani Yusuf, 2023. Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Melalui Kegiatan Membuat Bottle Craft Untuk Meningkatkan Kesadaran Peduli Lingkungan Siswa Kelas IV di SDN. 153 Tombolo Kabupaten Bulukumba. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Makassar dengan dibimbing oleh dosen pembimbing 1 dan II Dr. Erma Suryani Sahabuddin., M.Si dan Dra. Hj. Syamsiah D, S.Pd., M.Pd Penelitian ini adalah penelitian Quasi Experimen yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran problem based learning (PBL) melalui giatan membuat bottle craft untuk meningkatkan kesadaran peduli lingkungan siswa kelas IV di SDN. 153 Tombolo Kabupaten Bulukumba sebelum dan sesudah diberi perlakuan dan untuk mengetahui ada atau tidak pengaruh model pembelajaran problem based learning (PBL) melalui giatan membuat bottle craft untuk meningkatkan kesadaran peduli lingkungan siswa kelas IV di SDN. 153 Tombolo Kabupaten Bulukumba. Variabel yang digunakan yaitu variabel bebas dan variabel terikat. Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) melalui pembuatan Bottle Craft ini sebagai variabel bebas atau yang mempengaruhi dan Kemampuan Kreatifitas dalam kesadaran peduli lingkungan siswa dan pengelolaan sampah botol plastik sebagai variabel terikat atau yang dipengaruhi berjumlah 71 orang anak. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan sampling jenuh. sampling jenuh adalah teknik penentuan sampel bila semua anggota populasi digunakan sebagai sampel. Sampel jenuh digunakan untuk mewakili jumlah populasi. Ini biasanya dilakukan jika populasi kurang dari 100 orang atau dianggap kecil. Penilitian ini menggunakan sampel sebanyak 14 siswa dari kelas IV di SDN. 153 Tombolo, Kabupaten Bulukumba. Hasil analisis data yang diperoleh Asymp. Sig. (2-tailed) bernilai 0.001. Karena nilai 0.001 lebih kecil dari < 0.05 maka dapat disimpulkan bahwa “Hipotesis diterima”, artinya ada ada pengaruh model pembelajaran problem based learning (PBL) melalui membuat bottle craft terhadap kesadaran peduli lingkungan siswa di SDN. 153 Tombolo Kabupaten Bulukumba

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 17 Jan 2024 06:56
Last Modified: 17 Jan 2024 06:56
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/34996

Actions (login required)

View Item View Item