Pengaruh Penggunaan Media Audio Visual terhadap Hasil Belajar SBdP Siswa Kelas V UPT SPF SD Inpres BTN IKIP I Kota Makassar.

NUR AULIA ALIF (2024) Pengaruh Penggunaan Media Audio Visual terhadap Hasil Belajar SBdP Siswa Kelas V UPT SPF SD Inpres BTN IKIP I Kota Makassar.

[img] Text
Jurnal Nur Aulia Alif.pdf

Download (428kB)

Abstract

NUR AULIA ALIF, 2023. Pengaruh Penggunaan Media Audio Visual terhadap Hasil Belajar SBdP Siswa Kelas V UPT SPF SD Inpres BTN IKIP I Kota Makassar. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Makassar. (dibimbing oleh Hikmawati Usman dan Hartoto) Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan bentuk quasi eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh penggunaan media audio visual terhadap hasil belajar SBdP Siswa Kelas V UPT SPF SD Inpres BTN IKIP I Kota Makassar. Variabel dalam penelitian yaitu variabel bebas media audio visual dan variabel terikatnya adalah hasil belajar SBdP. Desain yang digunakan dalam penelitian ini yaitu nonequivalent control group design. Jumlah populasi 36 siswa. Sampel penelitian dipilih secara purposive dengan menentukan kelas VB sebagai kelas eksperimen dan kelas VA sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data dilakukan dengan tes dan observasi. Teknik analisis data yaitu menggunakan uji Independent Sample T-Test. Hasil penelitian dengan menggunakan media audio visual diperoleh hasil belajar SBdP siswa kelas V UPT SPF SD Inpres BTN IKIP I Kota Makassar di kelas eksperimen berlangsung dengan sangat baik dimana siswa terlihat fokus dan tertarik dalam menerima pengajaran. Hasil belajar SBdP dengan penerapan media audio visual pada siswa kelas V semakin meningkat hal ini dibuktikan dari nilai hasil posttest pada kelas eksperimen yang lebih tinggi daripada kelas kontrol. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan media audio visual pada materi SBdP memiliki pengaruh terhadap hasil belajar siswa kelas V

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 17 Jan 2024 06:49
Last Modified: 17 Jan 2024 06:49
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/34994

Actions (login required)

View Item View Item