Peningkatan Keterampilan Menulis Karangan Narasi Melalui Penyusunan Jurnal Harian Pada Siswa Kelas IV UPT SPF SD Inpres Perumnas II Kota Makassar

Mulianti (2024) Peningkatan Keterampilan Menulis Karangan Narasi Melalui Penyusunan Jurnal Harian Pada Siswa Kelas IV UPT SPF SD Inpres Perumnas II Kota Makassar.

[img] Text
Artikel Jurnal, Mulianti.pdf

Download (731kB)

Abstract

Mulianti 2023, Peningkatan Keterampilan Menulis Karangan Narasi Melalui Penyusunan Jurnal Harian Pada Siswa Kelas IV UPT SPF SD Inpres Perumnas II Kota Makassar. Skripsi. Universitas Negeri Makassar (dibimbing oleh Muhammad Faisal dan Syamsuryani Eka Putri Atjo). Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang bertujuan untuk mengetahui peningkatan keterampilan menulis karangan narasi melalui penyusunan jurnal harian pada siswa kelas IV UPT SPF SD Inpres Perumnas II Kota Makassar. Fokus penelitian ini yaitu keterampilan menulis karangan narasi melalui penyusunan jurnal harian. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa kelas IV UPT SPF SD Inpres Perumnas II Makassar. Data hasil penelitian diperoleh dengan menggunakan tes menulis karangan narasi.Teknik analisis data yaitu dengan menerapkan indikator keberhasilan pada hasil tes. Berdasarkan Hasil pada penelitian ini menunjukkan bahwa keterampilan menulis karangan narasi melalui penyusunan jurnal harian pada siswa kelas IV UPT SPF SD Inpres Perumnas II Kota Makassar mengalami peningkatan. Hasil tes menulis karangan narasi siswa pada siklus I menujukkan ada 13 siswa yang tuntas dengan memperoleh nilai >71, sedangkan siswa yang memperoleh nilai <71 atau belum tuntas ada 9 siswa sehingga dengan hal tersebut maka hasil tes siklus I berada pada kategori baik. Hasil dari siklus II menunjukkan ada 19 siswa yang sudah tuntas dengan memperoleh nilai >71, sedangkan siswa yang belum tuntas karena memperoleh nilai <71 ada 3 siswa. Sehingga dengan hal itu hasil tes siklus II berada pada kategori baik dengan frekuensi lebih banyak dari hasil siklus I. Hasil tes siklus II mengalami peningkatan dari hasil tes pada siklus I. Rata-rata nilai menulis karangan narasi siswa pada siklus I adalah sebesar 68.14, sedangkan hasil rata-rata nilai menulis karangan narasi siswa pada siklus II adalah 75.48.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 17 Jan 2024 06:44
Last Modified: 17 Jan 2024 06:44
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/34993

Actions (login required)

View Item View Item