Pengaruh Penggunaan Media Komik Terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Bahasa Indonesia Siswa kelas II UPT SD Negeri 21 Kelara Kecamatan Kelara kabupaten Jeneponto.

Risnawati (2024) Pengaruh Penggunaan Media Komik Terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Bahasa Indonesia Siswa kelas II UPT SD Negeri 21 Kelara Kecamatan Kelara kabupaten Jeneponto.

[img] Text
53717-132238-1-PB.pdf

Download (483kB)

Abstract

Risnawati, 2023. Pengaruh Penggunaan Media Komik Terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Bahasa Indonesia Siswa kelas II UPT SD Negeri 21 Kelara Kecamatan Kelara kabupaten Jeneponto. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar (dibimbing oleh Muhammad Faisal dan Lutfi B) Penelitian ini adalah penelitian pre eksperiment yang bertujuan 1) untuk mengetahui gambaran penggunaan media komik siswa kelas II UPT SD Negeri 21 Kelara Kecamatan Kelara Kabupaten Jeneponto, 2) untuk mengetahui gambaran kemampuan membaca siswa kelas II UPT SD Negeri 21 Kelara Kecamatan Kelara Kabupaten Jeneponto, 3) untuk mengetahui pengaruh penggunaan media komik terhadap kemampuan membaca permulaan siswa kelas II UPT SD Negeri 21 Kelara Kecamatan Kelara Kabupaten Jeneponto. Jenis penelitian ini yaitu Pre Eksperiment Design dengan menggunakan desain One Group Pretest and Posttest Desaign. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas II UPT SD Negeri 21 Kelara berjumlah 20 orang. Sampel yang digunakan pada penelitian ini adalah sampel jenuh. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah penggunaan media komik sedangkan variabel terikatnya adalah kemampuan membaca permulaan. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah observasi, tes dan dokumentasi. Data dikumpulkan dengan pemberian Pretest, Treatment, dan Posttest. Teknik analisis data menggunakan uji prasyarat analisis, meliputi uji normalitas, uji linearitas, dan uji hipotesis dengan analisis akhir menggunakan uji paired sample test dengan sistem SPSS. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Penggunaan media komik siswa kelas II UPT SD Negeri 21 Kelara Kecamatan Kelara Kabupaten Jeneponto terlaksana dengan sangat baik sesuai dengan langkah-langkah yang telah dilakukan. 2) Kemampuan membaca permulaan siswa sebelum diberi perlakuan berada pada kategori baik dan setelah diberi perlakuan berada pada kategori sangat baik. 3) Penggunaan media komik berpengaruh signifikansi terhadap kemampuan membaca permulaan kelas II UPT SDN 21 Kelara Kecamatan Kelara Kabupaten Jeneponto

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 17 Jan 2024 06:32
Last Modified: 17 Jan 2024 06:32
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/34991

Actions (login required)

View Item View Item