Kartini Afrilia Wulandari (2024) Pengaruh Gaya Kognitif Terhadap Keterampilan Berpikir Kreatif Matematis Siswa di SD Inpres Beaka Kabupaten Gowa.
Text
ARTIKEL KARTINI AFRILIA WULANDARI.pdf Download (651kB) |
Abstract
Kartini Afrilia Wulandari, 2023. Pengaruh Gaya Kognitif Terhadap Keterampilan Berpikir Kreatif Matematis Siswa di SD Inpres Beaka Kabupaten Gowa. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Bilingual. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Makassar. (dibimbing oleh Rahmawati Patta dan Hartoto). Penelitian ini merupakan jenis penelitian ex post facto dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian kuantitatif yang bertujuan untuk mengetahui gambaran gaya kognitif, untuk mengetahui gambaran kemampuan berpikir kreatif matemtais dan untuk mengetahui pengaruh gaya kognitif terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis siswa di SD Inpres Belaka Kabupaten Gowa. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas IV, V dan VI SD Inpres Belaka Kabupaten Gowa dengan jumlah siswa sebanyak 145 orang dan jumlah sampel sebanyak 94 orang dengan teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dengan teknik penentuan sampel yang ditentukan oleh peneliti dengan pertimbangan tertentu. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes GEFT dan tes KBKM. Teknik analisis data dengan analisis statistik deskriptif dan analisis statistic inferensial. Berdasarkan hasil analisis deskriptif diperoleh kemampuan berpikir kreatif matematis siswa memiliki nilai rata-rata dengan kategori rendah. Berdasarkan analisis statistic inferensial dengan menggunakan uji non parametric man whitney menunjukkan terdapat pengaruh gaya kognitif terhadap keterampilan berpikir kreatif matematis siswa. Sehingga dapat disimpulkan bahwa: (1) gambaran gaya kognitif siswa menunjukkan hasil bahwa siswa kelompok field dependent lebih dominan dibandingkan siswa kelompok field independent, (2) gambaran keterampilan berpikir kreatif matematis siswa yang bergaya kognitif field independent memenuhi tiga indikator yaitu fluency, flexibility dan novelty sedangkan siswa yang bergaya field dependent memenuhi dua indikator yaitu fluency dan flexibility, (3) terdapat pengaruh yang signifikan antara gaya kognitif dengan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa di SD Inpres Belaka Kabupaten gowa. Disimpulkan terdapat pengaruh gaya kognitif terhadap keterampilan berpikir kreatif matematis dengan gaya kognitif siswa field independent lebih tinggi dari pada gaya kognitif siswa field dependent.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1) |
Divisions: | FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN |
Depositing User: | Unnamed user with username pustakawanfip |
Date Deposited: | 17 Jan 2024 06:29 |
Last Modified: | 17 Jan 2024 06:29 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/34990 |
Actions (login required)
View Item |