Penggunaan media video animasi terhadap keterampilan Menulis Karangan narasi siswa kelas V SD Inpres Cambaya 1 Kota Makassar

A.Lathifa Abd Hamid (2024) Penggunaan media video animasi terhadap keterampilan Menulis Karangan narasi siswa kelas V SD Inpres Cambaya 1 Kota Makassar.

[img] Text
FIX ARTIKEL A. LATHIFA ABD HAMID-1.pdf

Download (218kB)

Abstract

A.Lathifa Abd Hamid, 2023. Penggunaan media video animasi terhadap keterampilan Menulis Karangan narasi siswa kelas V SD Inpres Cambaya 1 Kota Makassar. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Makassar. (dibimbing oleh Hamzah Pagarra dan Sayyidman). Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus, yang setiap siklusnya terdiri dari 2 pertemuan dengan tahapan kegiatan melipuri perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Adapun rumusan masalahnya bagaimanakah penggunaan video animasi terhadap keterampilan menulis karangan narasi pada mata pelajaran bahasa Indonesia melalui penggunaan media video animasi pada siswa Kelas V SD Inpres Cambaya 1 Kota Makassar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat peningkatan kemampuan menulis karangan narasi pada mata pelajaran bahasa Indonesia melalui penggunaan media video animasi pada siswa kelas V SD Inpres Cambaya 1 Kota Makassar. Fokus penelitian adalah penggunaan video animasi dan keterampilam menulis karangan narasi. Adapun yang menjadi subjek penelitian adalah guru dan seluruh siswa kelas V SD Inpres Cambaya 1 Kota Makassar yang berjumlah 19 orang pada semester genap tahun ajaran 2022/2023. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu kualitatif dan kuantitatif. Hasil observasi penggunaan video animasi yang dicapai pada aktivitas mengajar guru untuk siklus I yaitu berada pada kategori kurang (K), kemudian pada siklus II memperoeh kategori baik (B). Hasil belajar penggunaan video animasi yang dicapai siswa pada siklus I yaitu berada pada kategori kurang (K) dan pada siklus II hasil belajar siswa mengalami peningkatan yaitu berada pada kategori baik (B). Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan video animasi dapat meningkatkan keterampilan menulis karangan narasi siswa kelas V SD Inpres Cambaya1 Kota Makassar.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 17 Jan 2024 03:50
Last Modified: 17 Jan 2024 03:50
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/34986

Actions (login required)

View Item View Item