Pengaruh Metode Preview, Question, Read, Summarize and Test (PQRST) Terhadap Peningkatan Keterampilan Membaca Pemahaman Siswa Kelas IV A UPT SPF SD Inpres Bangkala II Kota Makassar.

RIFDHA APRILIYAH T (2024) Pengaruh Metode Preview, Question, Read, Summarize and Test (PQRST) Terhadap Peningkatan Keterampilan Membaca Pemahaman Siswa Kelas IV A UPT SPF SD Inpres Bangkala II Kota Makassar.

[img] Text
ARTIKEL JURNAL 1947041047 RIFDHA APRILIYAH T.pdf

Download (383kB)

Abstract

RIFDHA APRILIYAH T, 2023, Pengaruh Metode Preview, Question, Read, Summarize and Test (PQRST) Terhadap Peningkatan Keterampilan Membaca Pemahaman Siswa Kelas IV A UPT SPF SD Inpres Bangkala II Kota Makassar. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. (dibimbing oleh Nur Abidah Idrus dan Rosdiah Salam) Penelitian ini merupakan jenis penelitian eksperimen dengan desain penelitian One Group Pretest-Posttest untuk melihat apakah terdapat pengaruh metode PQRST terhadap peningkatan keterampilan membaca pemahaman siswa kelas IV A UPT SPF SD Inpres Bangkala II Kota Makassar. Sehingga penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) gambaran penerapan metode PQRST terhadap peningkatan keterampilan membaca pemahaman siswa kelas IV A UPT SD Inpres Bangkala II Kota Makassar (2) bagimana peningkatan keterampilan membaca pemahaman siswa kelas IV A UPT SPF SD Inpres Bangkala II setelah menggunakan metode PQRST (3) ada tidaknya pengaruh metode PQRST terhadap peningkatan keterampilan membaca pemahaman siswa kelas IV A UPT SPF SD Inpres Bangkala II Kota Makassar. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV A UPT SPF SD Inpres Bangkala II yang berjumlah 19 siswa. Sampel ini menggunakan teknik sampling jenuh dengan teknik penentuan sampel apabila semua anggota populasi digunakan sebagai sampel. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data hasil penelitian menggunakan analisis deskriptif dan inferensial. Hasil kesimpulan penelitian ini menunjukkan bahwa : (1) Penerapan metode PQRST dalam proses pembelajaran berjalan sangat baik, (2) Keterampilan membaca pemahaman siswa menunjukkan adanya peningkatan setelah menggunakan metode PQRST (3) Terdapat pengaruh penerapan metode PQRST terhadap peningkatan keterampilan membaca pemahaman siswa kelas IV A UPT SPF SD Inpres Bangkala II Kota Makassar.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 17 Jan 2024 03:42
Last Modified: 17 Jan 2024 03:42
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/34985

Actions (login required)

View Item View Item