Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair and Share Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Pada Siswa Kelas V SDN Centre Mangalli Kecamatan Palangga Kabupaten Gowa.

Tri Apri Sari (2024) Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair and Share Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Pada Siswa Kelas V SDN Centre Mangalli Kecamatan Palangga Kabupaten Gowa.

[img] Text
Jurnal Tri Apri Sari.pdf

Download (172kB)

Abstract

Tri Apri Sari, 2023. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair and Share Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Pada Siswa Kelas V SDN Centre Mangalli Kecamatan Palangga Kabupaten Gowa. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Makassar. (Dibimbing oleh Nasaruddin dan Bhakti Prima Findiga Hermutaqqien). Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe think pair and share dalam meningkatkan hasil belajar IPS pada siswa kelas V SDN Centre Mangalli. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan sebanyak dua siklus dan setiap siklus dilaksanakan dua kali pertemuan. Setiap siklus melalui 4 tahap yaitu tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, tahap observasi, dan tahap refleksi. Fokus penelitian ini adalah fokus proses dan fokus hasil belajar. Teknik dan prosedur pengumpulan data yaitu observasi, tes dan dokumentasi. Subjek penelitian ini adalah guru kelas V dan siswa kelas V sebanyak 25 orang yang terdiri dari 17 siswa laki-laki dan 8 siswa perempuan. Dalam penelitian ini, peneliti bertindak sebagai pelaksana tindakan dan guru kelas sebagai observer. Teknik analisis data adalah kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe think pair and share pada siklus I sebesar 56% (cukup) siswa yang tuntas dengan nilai rata-rata siswa 67,6. Kemudian pada siklus II terdapat peningkatan menjadi sebesar 92% (baik sekali) siswa yang tuntas dengan nilai rata-rata siswa 86,4. Berdasarkan analisis hasil belajar IPS, dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar IPS siswa dengan menggunakan model pembelajaran koperatif tipe think pair and share.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 17 Jan 2024 03:37
Last Modified: 17 Jan 2024 03:37
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/34983

Actions (login required)

View Item View Item