Pengaruh penggunaan Media Ular Tangga Terhadap Minat Belajar Siswa Kelas V di UPT SDN No.14 Tamalatea Kabupaten Jeneponto.

Jesika Pratiwi Putri (2024) Pengaruh penggunaan Media Ular Tangga Terhadap Minat Belajar Siswa Kelas V di UPT SDN No.14 Tamalatea Kabupaten Jeneponto.

[img] Text
2. Artikel.pdf

Download (482kB)

Abstract

Jesika Pratiwi Putri, 2023. Pengaruh penggunaan Media Ular Tangga Terhadap Minat Belajar Siswa Kelas V di UPT SDN No.14 Tamalatea Kabupaten Jeneponto. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Makassar (dibimbing oleh Nurhaedah dan Bhakti Prima Findiga H) Penelitian ini dilakukan berdasarkan permasalahan minat belajar siswa. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui gambaran penggunaan media ular tangga, untuk mengetahui gambaran minat belajar siswa, dan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media ular tangga terhadap minat belajar siswa kelas V di UPT SDN No.14 Tamalatea Kec Tamalatea Kab Jeneponto. Penelitian ini termasuk dalam penelitian eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Desain yang digunakan dalam penelitian ini yaitu quasi experiment dengan tipe nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas V UPT SDN No.14 Tamalatea Kec Tamalatea Kab Jeneponto. Adapun sampel dalam penelitian ini yaitu 13 siswa kelas VA dan 13 siswa kelas VB yang di pilih dengan teknik purposive sampling. Data dalam penelitian ini dikumpulkan dengan menggunakan lembar observasi, dan angket minat belajar siswa. Data dianalisis menggunakan analisis deskriptif dan inferensial. Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa penggunaan media ular tangga berjalan dengan sangat baik. Hasil analisis inferensial dengan menggunakan independen sample t-test menunjukkan terdapat perbedaan hasil angket post-nontest antara kelas eksperimen dan kelas kontrol yang berarti adanya peningkatan minat belajar siswa pada kelompok eksperimen lebih baik daripada kelompok kontrol. Sehingga dapat disimpulkan bahwa: (1) proses pembelajaran dengan menggunakan media ular tangga berlangsung sangat efektif; (2) hasil skor angket siswa menunjukkan adanya peningkatan minat belajar siswa dalam pembelajaran,; (3) terdapat pengaruh penggunaan media ular tangga terhadap minat belajar siswa di kelas V UPT SDN No.14 Tamalatea Kec Tamalateaa Kab Jeneponto.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 17 Jan 2024 03:22
Last Modified: 17 Jan 2024 03:22
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/34981

Actions (login required)

View Item View Item