Analisis Penenrapan Kurikulum Merdeka Pada Pembelajaran IPAS pada Guru Kelas V SD Negeri Aroeppala Kota Makassar

Aisya Magfira (2024) Analisis Penenrapan Kurikulum Merdeka Pada Pembelajaran IPAS pada Guru Kelas V SD Negeri Aroeppala Kota Makassar.

[img] Text
Jurnal AISYA MAGFIRA.docx

Download (53kB)

Abstract

Aisya Magfira, 2023. Analisis Penenrapan Kurikulum Merdeka Pada Pembelajaran IPAS pada Guru Kelas V SD Negeri Aroeppala Kota Makassar. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Makassar. (dibimbing oleh Muhammad Irfan S.Pd.,M.Pd dan Abdul Rahman S.Pd., M.Ed., Ph.D). Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan : (1) umtuk mendeskripsikan penerapan kurikulum merdeka, (2) untuk mendeskripsikan pelaksanaan praktik baik kurikulum merdeka dan (3) umtuk mendskripsikan kelebihan dan kekurangan kurikulum merdeka pada pembelajaran IPAS pada guru kelas V SD Negeri Aroeppala Kota Makassar. Jenis penelitian adalah penelitian kualitatif deskriptif yang terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi. Adapun hasil penelitian ini yaitu : (1) penerapan kurikulum merdeka pada pembelajaran IPAS terdiri dari tahap perencanaan (mengikuti pelatihan, menyusun modul ajar, melaksanakan assessment diagnostic), pelaksanaan (pelaksanaan pembelajaran dikelas), penilaian (melaksanakan penilaian diagnostic, formatif dan sumatif). (2) pelaksanaan praktik baik kurikulum merdeka pada pembelajaran IPAS disesuaikan dengan bab materi dan inovasi guru wali kelas serta berpedoman pada profil pelajar pancasila, selain itu dalam pelaksanaan praktik baik diperlukan dukungan dari seluruh elemen sekolah termasuk orang tua peserta didik. (3) kelebihan kurikulum merdeka yaitu adanya program merdeka belajar dan pembimbingan dalam pengembangan kompetensi guru, sedangkan kekurangannya terletak pada bab materi yang terlewat karena capaian pembelajaran yang harus dituntaskan sebagai syarat berpindah materi serta adanya tenaga pendidik yang gagap terhadap teknologi sehingga belum maksimal dalam impelementasi kurikulum merdeka di kelas. Dari hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan kurikulum merdeka di kelas V SD Negeri Aroeppala Kota Makassar sudah terlaksana dengan baik meskpun masih ada beberapa hal yang harus diperbaiki

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 17 Jan 2024 03:18
Last Modified: 17 Jan 2024 03:18
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/34979

Actions (login required)

View Item View Item