Pengembangan Assessment Pembelajaran Berbasis Digital Kelas IV SD Negeri Panaikang II

Nurfadillah (2024) Pengembangan Assessment Pembelajaran Berbasis Digital Kelas IV SD Negeri Panaikang II.

[img] Text
JURNAL NURFADILLAH 1947441005.pdf

Download (278kB)

Abstract

Nurfadillah, 2023. Pengembangan Assessment Pembelajaran Berbasis Digital Kelas IV SD Negeri Panaikang II. Skripsi. Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Makassar (dibimbing oleh Ahmad Syawaluddin dan Hartoto) Pengembangan assessment pembelajaran berbasis digital untuk siswa kelas IV SD Negeri Panaikang II dilatarbelakangi oleh permasalahan guru maupun siswa yaitu proses penilaian yang dilakukan secara konvensional membutuhkan waktu yang lama serta sering terjadi human eror seperti salah penginputan nilai oleh guru. Jika dilihat dari kesiapan alat penunjang proses pembelajaran, siswa kelas IV SD Negeri Panaikang II sudah memiliki handphone dan mampu mengoperasikannya, sehingga perlu adanya inovasi media assessment pembelajaran yang dapat digunakan pada proses penilaian harian yang dilakukan oleh guru agar mengurangi permasalahan yang terjadi ketika penilaian secara konvensional dilaksanakan. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (R&D) menggunakan model ADDIE dengan 5 tahap meliputi: a) analysis (analisis), b) design (desain), c) development (pengembangan), d) implement (implementasi), e) evaluation (evaluasi). Pada tahap analisis yaitu dilakukan analisis siswa dan analisis materi pembelajaran. Tahap desain yaitu rancangan garis besar produk serta alur. Tahap pengembangan yaitu mengembangkan produk serta melakukan validasi. Instrumen pada penelitian ini menggunakan angket yang ditujukan kepada ahli media dan ahli materi untuk menilai kevalidan produk, serta ditujukan kepada siswa dan guru untuk menilai kelayakan produk. Hasil validasi oleh ahli media diperoleh skor secara keseluruhan termasuk ke dalam kriteria sangat valid. Hasil validasi oleh ahli materi diperoleh skor secara keseluruhan termasuk ke dalam kriteria sangat valid. Tahap implementasi yaitu melakukan uji coba untuk mengetahui kelayakan produk. Hasil penilaian oleh siswa kelas IV SD Negeri Panaikang II diperoleh skor secara keseluruhan termasuk ke dalam kriteria sangat layak. Sedangkan hasil penilaian oleh wali kelas IV SD Negeri Panaikang II diperoleh skor secara keseluruhan termasuk ke dalam kriteria sangat layak. Berdasarkan penilaian tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa produk assessment pembelajaran berbasis digital yang dikembangkan ini sangat valid dan layak digunakan untuk siswa kelas IV SD. Sehingga dengan adanya hasil penelitian ini, dapat menjadi tambahan referensi untuk penilaian selanjutnya dan menjadi inovasi dalam mengembangkan produk assessment pembelajaran terutama pada SD

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 17 Jan 2024 03:14
Last Modified: 17 Jan 2024 03:14
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/34978

Actions (login required)

View Item View Item