Penerapan Model Active Learning Tipe Permaianan Bingo Terhadap Keaktifan Belajar IPS Siswa Kelas V SDN 150 Lausa Kabupaten Soppeng

Syukur (2024) Penerapan Model Active Learning Tipe Permaianan Bingo Terhadap Keaktifan Belajar IPS Siswa Kelas V SDN 150 Lausa Kabupaten Soppeng.

[img] Text
ARTIKEL_SYUKUR.pdf

Download (1MB)

Abstract

Syukur, 2023. Penerapan Model Active Learning Tipe Permaianan Bingo Terhadap Keaktifan Belajar IPS Siswa Kelas V SDN 150 Lausa Kabupaten Soppeng. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Makassar. (dibimbing Oleh Bapak Latri dan Bapak Andi Makkasau). Masalah utama dalam penelitian ini yaitu Bagaimana Penerapan Model Active Learning Tipe Permainan Bingo Terhadap Keaktifan Belajar Ips Pada Siswa Kelas V SDN 150 Lausa Kabupaten Soppeng. Penelitian ini bertujan untuk meningkatkan keaktifan belajar dengan menggunakan model active learning tipe permainan bingo pada siswa Kelas V SDN 150 Lausa Kecamatan Marioriwawo Kabupaten Soppeng. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus dimana setiap siklus dilaksanakan sebanyak dua kali pertemuan. Prosedur penelitian meliputi perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 150 Lausa Kabupaten Soppeng sebanyak 25 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus pertama dari 25 siswa dengan jumlah dua kali pertemuan yang mengikuti pembelajaran IPS dengan menerapkan model active learning tipe permainan bingo, dalam kegiatan tersebut pada siklus I pertemuan pertama sebanyak 11 siswa aktivitas belajar IPS siswa berada pada kategori rendah, sebanyak 14 siswa berada pada kategori sedang dan tidak ada aktivitas belajar siswa yang berada pada kategori tinggi sedangkan pada pertemuan kedua tidak ada aktivitas belajar siswa yang berada pada kategori rendah tetapi berada pada kategori sedang yaitu sebanyak 15 siswa, pada kategori tinggi yaitu sebanyak 10 siswa Sedangkan pada siklus kedua, dimana sebanyak 25 siswa dan dilaksanakan dalam 2 pertemuan, pada pertemuan pertama sebanyak 5 siswa yang memiliki aktivitas belajar sedang dan sebanyak 20 siswa yang berada pada interval tinggi dan pada pertemuan kedua terdapat 1 siswa yang berada pada interval sedang dan sebanyak 24 orang yang berada pada kategori tinggi dalam aktivitas belajar. Berdasarkan hasil penelitian tersebut di atas, dapat disimpulkan bahwa peningkatan aktivitas belajar siswa kelas V SDN 150 Lausa dengan penerapan model active learning tipe permainan bingo pada pembelajaran IPS mengalami peningkatan

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 17 Jan 2024 03:10
Last Modified: 17 Jan 2024 03:10
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/34976

Actions (login required)

View Item View Item