Analisis Kompetensi Profesionalisme Guru Dalam Memanfaatkan Teknologi Informasi Melalui Platform Merdeka Mengajar di SD Gugus 9 Kecamatan Marioriawa Kabupaten Soppeng

Alisyah Salsa Jamil (2024) Analisis Kompetensi Profesionalisme Guru Dalam Memanfaatkan Teknologi Informasi Melalui Platform Merdeka Mengajar di SD Gugus 9 Kecamatan Marioriawa Kabupaten Soppeng.

[img] Text
ARTIKEL- 54443-134691-1-SM.pdf

Download (189kB)

Abstract

Alisyah Salsa Jamil, 2023. Analisis Kompetensi Profesionalisme Guru Dalam Memanfaatkan Teknologi Informasi Melalui Platform Merdeka Mengajar di SD Gugus 9 Kecamatan Marioriawa Kabupaten Soppeng. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Makassar. (dibimbing oleh Erma Suryani Sahabuddin dan Syamsuryani Eka Putri Atjo) Penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang bertujuan untuk mengetahui tentang kompetensi profesionalisme guru dalam memanfaatkan teknologi informasi melalui Platform Merdeka Mengajar untuk pengembangan diri di SD Gugus 9 Kecamatan Marioriawa. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian metode kualitatif deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah guru kelas 1 dan 4 yang ada di SD Gugus 9 Kecamatan Marioriawa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan wawancara dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini adalah peranan teknologi informasi dalam penggunaan Platform Merdeka Mengajar terhadap pengembangan diri guru yaitu: perangkat teknologi informasi digunakan sebagai alat untuk mengembangkan diri dan kegiatan pengembangan diri guru yang dilakukan dengan memanfaatkan teknologi informasi melalui Platform Merdeka Mengajar berupa kelompok kerja guru, webinar dan pelatihan mandiri, serta komunitas belajar di sekolah. Faktor pendukung dan penghambat guru dalam menggunakan Platform Merdeka Mengajar untuk pengembangan diri yaitu: adanya pelatihan dan pendidikan, dukungan dari manajemen sekolah, kolaborasi yang baik antar guru, sumber daya manusia yang cukup, serta penghargaan yang didapatkan, kurangnya fasilitas teknologi, penguasaan materi produk kurang, jaringan tidak stabil, dan penguasaan teknologi kurang. Dampak yang dirasakan guru setelah menggunakan Platform Merdeka Mengajar terhadap pengembangan diri yaitu: penguasaan teknologi guru lebih baik dan meningkat serta tugas dan tanggung jawab keprofesian guru sebagai pendidik terlaksana dengan baik

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 17 Jan 2024 03:06
Last Modified: 17 Jan 2024 03:06
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/34974

Actions (login required)

View Item View Item