Pengaruh Penggunaan Media Audio Visual Terhadap Motivasi Belajar Siswa IPA Kelas V SD Inpres Andi Tonro Kecamatan Tamalate Kota Makassar.

Aswan (2024) Pengaruh Penggunaan Media Audio Visual Terhadap Motivasi Belajar Siswa IPA Kelas V SD Inpres Andi Tonro Kecamatan Tamalate Kota Makassar.

[img] Text
JURNAL_ASWAN.pdf

Download (677kB)

Abstract

Aswan, 2023. Pengaruh Penggunaan Media Audio Visual Terhadap Motivasi Belajar Siswa IPA Kelas V SD Inpres Andi Tonro Kecamatan Tamalate Kota Makassar. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar.Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Makassar (dibimbing oleh Muhammad Faisal, dan Hikmawati Usman,)Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) gambaran penggunaan media audio visual pada mata pelajaran IPA kelas V SD Inpres Andi Tonro Kecamatan Tamalate Kota Makassar (2) gambaran motivasi belajar IPA siswa kelas V SD Inpres Andi Tonro Kecamatan Tamalate Kota Makassar (3) Pengaruh penggunaan media audio visual terhadap motivasi belajar IPA siswa kelas V SD Inpres Andi Tonro Kecamatan Tamalate Kota Makassar. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif yaitu Quasi Experimental Design berbentuk Nonequivalent Control Group Design dengan tahap pretest, treatment dan posttest. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah media audio visua, sedangkan variabel terikatnya adalah motivasi belajar siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD Inpres Andi Tonro Kecamatan Tamalate Kota Makassar yang berjumlah 34 siswa, sedangkan sampelnya adalah 17 siswa kelas eksperimen dan 17 siswa kelas kontrol. Data hasil penelitian diperoleh dengan memberikan pretest dan posttest seta lembarobservasi keterlaksanaan penggunaan media Audio Visual. Teknik analisis data yang digunakan dengan melakukan pengujian hipotesis menggunakan t-test dengan jenis Independent Sample Test. Berdasarkan lembar observasi dapat disimpulkan bahwa proses pembelajaran menggunakan media audio visual berlangsung dengan sangat baik. Berdasarkan angket motivasi belajar siswa di kelas eksperimensebelum diberikan perlakuan berupa media audio visual berada pada kategori sedang, setelah diberikan perlakuan berada pada kategori tinggi. Sedangkan motivasi belajar siswa pada kelas kontrol sebelum diberikan perlakuan berupa media gambar berada pada kategori sedang, setelah diberikan perlakuan berada pada kategori sedang. Berdasarkan hasil analisis statistik inferensial atau uji hipotesisdapat disimpulkan bahwa penggunaan media audio visual berpengaruh secara signifikan terhadap motivasi belajar IPA siswa kelas V SD Inpres Andi Tonro Kecamatan Tamalate Kota Makassar.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 17 Jan 2024 02:59
Last Modified: 17 Jan 2024 02:59
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/34973

Actions (login required)

View Item View Item