Penerapan Metode Poster Comment Terhadap Peningkatan Keterampilan Menulis Kalimat Efektif Kelas IV SDI Japing Kecamatan Pattalassang Kabupaten Gowa

Muh Tarmisi Karim (2024) Penerapan Metode Poster Comment Terhadap Peningkatan Keterampilan Menulis Kalimat Efektif Kelas IV SDI Japing Kecamatan Pattalassang Kabupaten Gowa.

[img] Text
ARTIKEL MUH TARMISI KARIM.pdf

Download (638kB)

Abstract

Muh Tarmisi Karim, 2023. Penerapan Metode Poster Comment Terhadap Peningkatan Keterampilan Menulis Kalimat Efektif Kelas IV SDI Japing Kecamatan Pattalassang Kabupaten Gowa. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Makassar (dibimbinng Nur Abidah Idrus S.Pd., M.Pd. dan Drs. Lutfi B. M. Kes.) Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya keterampilan menulis kalimat efektif siswa kelas IV pada mata pelajaran bahasa Indonesia. Rumusan Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah penerapan metode Poster Comment terhadap peningkatan keterampilan menulis kalimat efektif pada mata pelajaran bahasa Indonesia siswa kelas IV SDI Japing Kecamatan Pattalassang Kabupaten Gowa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan metode Poster Comment terhadap peningkatan keterampilan menulis kalimat efektif pada mata pelajaran bahasa Indonesia kelas IV SDI Japing Kecamatan Pattalassang Kabupaten Gowa. Jenis penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian tindakan kelas dengan menggunakan pendekatan kualitatif yang menghasilkan data deskriptif. Fokus penelitiannya yaitu penerapan metode Poster Comment dan keterampilan menulis kalimat efektif siswa. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa kelas IV dengan jumlah siswa 20 orang, yang terdiri dari 9 siswa laki-laki dan 11 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah kualitatif dan kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian, menunjukkan bahwa aktivitas guru dan siswa serta hasil tes keterampilan menulis siswa mengalami peningkatan. Hasil penelitian mengajar guru pada siklus I berada pada kategori cukup dan pada siklus II berada pada kategori baik. Hasil penelitian aktivitas siswa pada siklus I masih berada pada kategori cukup dan siklus II mampu merubah aktivitas belajar siswa menjadi lebih baik serta berada pada kategori baik. Sedangkan hasil tes keterampilan menulis kalimat efektif siswa menunjukkan bahwa pada siklus I belum mencapai tarif keberhasilan dan siklus II telah mencapai tarif keberhasilan. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah penerapan metode Poster Comment pada mata pelajaran bahasa Indonesia dapat meningkatkan keterampilan menulis kalimat efektif siswa kelas IV SDI Japing Kecamatan Pattalassang Kabupaten Gowa

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 17 Jan 2024 02:55
Last Modified: 17 Jan 2024 02:55
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/34972

Actions (login required)

View Item View Item