Penerapan Model Project Based Learning (Pjbl) Untuk Meningkatkan Civic Skill Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Pkn Kelas V SD Negeri Center Malakaji Kecamatan Tompobulu Kabupaten Gowa

Ummu Kalsum (2024) Penerapan Model Project Based Learning (Pjbl) Untuk Meningkatkan Civic Skill Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Pkn Kelas V SD Negeri Center Malakaji Kecamatan Tompobulu Kabupaten Gowa.

[img] Text
Artikel Ummu Kalsum.pdf

Download (208kB)

Abstract

Ummu Kalsum, 2023, Penerapan Model Project Based Learning (Pjbl) Untuk Meningkatkan Civic Skill Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Pkn Kelas V SD Negeri Center Malakaji Kecamatan Tompobulu Kabupaten Gowa. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Makassar, (dibimbing oleh Pembimbing l Amrah dan Pembimbing ll Andi Makkasau) Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model Project Based Learning (PjBL) untuk meningkatkan civic skill peserta didik pada pembelajaran PKn kelas V SD Negeri Center Malakaji Kecamatan Tompobulu Kabupaten Gowa. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif atau Qualitative Research. Jenis yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian Tindakan kelas (PTK) untuk meningkatkan Civic Skill peserta didik pada pembelajaran PKn kelas V SD Negeri Center Malakajai dengan penerapan model pembelaaran Project Based Learning (PjBL). Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus yang masing-masing terdiri dari dua pertemuan dengan tahapan kegiatan meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Fokus penelitian dalam penelitian ini adalah Penerapan Model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) untuk meningkatkan Civic Skill peserta didik. subjek penelitian adalah Peserta didik kelas V SD Negeri Center Malakaji yang berjumlah 22 peserta didik. Teknik pengumpulan data yang digunakan melalui Lembar Observasi guru dan peserta didik, dokumentasi dan Tes. Instrument penelitian yang digunakan berupa lembar observasi dan soal tes yang digunakan untuk mengukur Civic Skill peserta didik. Teknik analisis data yang digunakan adalah Teknik analisis data Kulitatif. Hasil penelitian yang dilakukan melalui penerapan Model Project Based Learning (PjBL) dalam meningkatkan civic skill peserta didik kelas V SD Negeri Center Malakaji pada siklus I berada pada kategori belum tuntas dan pada siklus ll mengalami peningkatan yaitu berada pada kategori tuntas pada civic skill peserta didik. berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan Model Project Based Learning (PjBL) dapat meningkatkan civic skill peserta didik kelas V SD Negeri Center Malakaji.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 17 Jan 2024 02:50
Last Modified: 17 Jan 2024 02:50
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/34971

Actions (login required)

View Item View Item