Peningkatan Hasil Belajar IPS Melalui Penggunaan Model Peer Lesson Pada Siswa Kelas IV UPT SPF SD Inpres Ungggulan Toddopuli Kota Makssar

Dika Safitri (2024) Peningkatan Hasil Belajar IPS Melalui Penggunaan Model Peer Lesson Pada Siswa Kelas IV UPT SPF SD Inpres Ungggulan Toddopuli Kota Makssar.

[img] Text
Artikel_Dika Safitri.pdf

Download (528kB)

Abstract

Dika Safitri, 2023. Peningkatan Hasil Belajar IPS Melalui Penggunaan Model Peer Lesson Pada Siswa Kelas IV UPT SPF SD Inpres Ungggulan Toddopuli Kota Makssar. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru sekolah Dasar. Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Makassar (dibimbing oleh Muhammad Faisal dan Amir Pada). Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar IPS pada siswa kelas IV UPT SPF SD Inpres Unggulan Toddopuli Kota Makassar. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerepan peningkatan hasil belajar IPS menggunakan model kooperatif tipe I pada siswa kelas IV UPT SPF SD Inpres Unggulan Toddopuli Kota Makassar. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Fokus penelitian ini adalah hasil belajar dan penerapan model peer lesson. Setting penelitian ini adalah siswa kelas IV UPT SPF SD Inpres Unggulan Toddopuli Kota Makassar tahun ajaran 2022/2023. Adapun subjek penelitiannya adalah guru dan siswa kelas IV UPT SPF SD Inpres Unggulan Toddopuli Kota Makassar dengan julah siswa 25 orang yang terdiri dari 15 siswa perempuan dan 10 siswa laki-laki. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah Teknik analisis kuantitaif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar IPS dari siklus I ke siklus II. Adapun aktivitas mengajar guru dan aktivitas belajar siswa pada siklus I berada pada kategori baik dan pada siklus II berada pada kategri baik sekali. Hasil belajar siswa Hasil belajar IPS siswa pada sisklus I dikategorikan belum tuntas dan pada siklus II hasil belajar IPS siswa dikategorikan tuntas. Kesimpulan dari penelitian ini adalah model pembelajaran peer lesson dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD UPT SPF SD Inpres Unggulan Toddopuli Kota Makassar

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 17 Jan 2024 02:40
Last Modified: 17 Jan 2024 02:40
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/34970

Actions (login required)

View Item View Item