Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Scramble untuk Meningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Kelas V SDN Cambaya Kecamatan Pallangga Kabupaten Gowa

Rohani Saleh (2024) Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Scramble untuk Meningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Kelas V SDN Cambaya Kecamatan Pallangga Kabupaten Gowa.

[img] Text
Artikel Rohani Saleh.pdf

Download (462kB)

Abstract

Rohani Saleh, 2023. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Scramble untuk Meningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Kelas V SDN Cambaya Kecamatan Pallangga Kabupaten Gowa. Skripsi. Jurusan Pendidikan Sekolah Dasar. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Makasaar. (dibimbing oleh Dr.Widya Karmila Sari Achmad, S.Pd., M.Pd dan Dr. Nurhaedah, S.Pd., M.Pd). Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar IPS di kelas V SDN Cambaya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe scramble untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ips Kelas V Di Sd Negeri Cambaya. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan siklus yaitu perencanaan, pelaksanaan,pengamatan atau observasi dan refleksi yang bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe scramble untuk meningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas V SDN Cambaya Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Penelitian ini berfokus pada model pembelajaran kooperatif tipe scramble dan hasil belajar IPS. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes, dan dokumentasi. Subjek penelitian ini adala guru dan siswa kelas V di SDN Cambaya Kecamatan Pallangga Kabupaten Gowa dengan jumlah siswa 22 dengan 9 siswa laki – laki dan 13 siswa perempuan. Penelitian ini dilaksanakan dua siklus dan setiap siklus terdiri 2 pertemuan. Hasil penelitian yang telah dianalisis menunjukkan bahwa terjadi peningkatan yang signifikan setiap siklus. Hasil tes siklus I dengan kategori kurang (K) dan mengalami peningkatan di siklus II dengan kategori baik (B). Dari hasil penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe scramble dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS siswa kelas V SDN CambayaKecamatan Pallangga Kabupaten Gowa.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 17 Jan 2024 02:36
Last Modified: 17 Jan 2024 02:36
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/34969

Actions (login required)

View Item View Item