Pengaruh Tingkat Kecemasan Siswa Terhadap Hasil Belajar Matematika di Kelas V SD Inpres japing Kecamatan Pattalassang Kabupaten Gowa.

Ika Wardani (2024) Pengaruh Tingkat Kecemasan Siswa Terhadap Hasil Belajar Matematika di Kelas V SD Inpres japing Kecamatan Pattalassang Kabupaten Gowa.

[img] Text
ARTIKEL IKA WARDANI-dikonversi.pdf

Download (461kB)

Abstract

Ika Wardani, 2022. Pengaruh Tingkat Kecemasan Siswa Terhadap Hasil Belajar Matematika di Kelas V SD Inpres japing Kecamatan Pattalassang Kabupaten Gowa. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan.Universitas Negeri Makassar (dibimbing oleh Sayidiman, S.Pd., M.Pd dan Dr. Suarlin, S. Pd., M. Si.) Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana gambaran tingkat kecemasan yang dialami siswa dan pengaruhnya terhadap hasil belajar pada pembelajaran matematika. Dilatar belakangi oleh munculnya kecemasan yang dialami siswa pada pembelajaran matematika yang mempengaruhi hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan metode expos facto. Subjek penelitian ini adalah 36 siswa kelas V di SD Inpres Japing Gowa yang terdiri dari 22 laki-laki dan 14 perempuan. Data yang digunakan merupakan data sekunder yang berupa data kecemasan siswa dan data hasil belajar pada pembelajaran matematika. Analisis data pada penelitian ini menggunakan uji normalitas One-Sample Kolmogorov�Smirnov sedangkan untuk melihat pengaruh kecemasan yang dialami siswa dilakukan dengan uji regresi linear sederhana. Pengujian dilakukan dengan menggunakan aplikasi IBM SPSS 26. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kecemasan matematika siswa SD Japing Gowa mayoritas termasuk pada tingkat kategori sedang dengan persentase 75% dan pengaruh antara kecemasan terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran matematika tidaklah signifikan, namun semakin tinggi nilai kecemasan siswa maka semakin rendah hasil belajarnya

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 17 Jan 2024 02:32
Last Modified: 17 Jan 2024 02:32
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/34968

Actions (login required)

View Item View Item