Pengaruh Penerapan Pembelajaran Multiliterasi Terhadap Minat Baca Siswa Kelas III Di Sekolah Dasar.

Putri Aprilia Sari (2024) Pengaruh Penerapan Pembelajaran Multiliterasi Terhadap Minat Baca Siswa Kelas III Di Sekolah Dasar.

[img] Text
JURNAL PUTRI APRILIA SARI_PGSD 1947040023.pdf

Download (530kB)

Abstract

Putri Aprilia Sari, 2023. Pengaruh Penerapan Pembelajaran Multiliterasi Terhadap Minat Baca Siswa Kelas III Di Sekolah Dasar. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. (dibimbing oleh Muhammad Faisal dan Latri). Penelitian ini adalah penelitian eksperimen yang bertujuan 1) untuk mengetahui gambaran penerapan pembelajaran multiliterasi pada siswa kelas III di Sekolah Dasar, 2) untuk mengetahui gambaran minat baca siswa kelas III di Sekolah Dasar, 3) untuk mengetahui pengaruh penerapan pembelajaran multiliterasi terhadap minat baca siswa kelas III di Sekolah Dasar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. Jenis penelitian ini menggunakan quasi eksperimental design. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah pembelajaran multiliterasi sedangkan variabel terikatnya adalah minat baca siswa. Populasi dalam penelitian ini seluruh siswa kelas III UPT SPF SD Inpres Perumnas II dengan jumlah siswa 33 orang, sedangkan sampelnya adalah siswa kelas IIIA sebagai kelas eksperimen dengan jumlah siswa 17 orang dan kelas IIIB sebagai kelas kontrol dengan jumlah siswa 16 orang. Data hasil penelitian diperoleh dengan memberikan angket minat baca berupa pre-test dan post-test serta lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran multiliterasi. Teknik analisis data yaitu analisis deskriptif dan analisis statistika inferensial. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh penerapan pembelajaran multiliterasi terhadap minat baca siswa dilihat dari hasil pretest-posttest siswa pada kelas eskperimen yang menunjukkan peningkatan yang signifikan pada kategori kurang berminat menjadi sangat berminat. Pengaruh penerapan pembelajaran multiliterasi terhadap minat baca siswa kelas III berbeda�beda untuk setiap indikatornya, yakni indikator kesadaran akan manfaat membaca memperoleh peningkatan tertinggi, indikator perhatian dan ketertarikan dalam membaca memperoleh peningkatan yang sama dengan indikator frekuensi waktu untuk membaca, dan indikator rasa senang membaca memperoleh peningkatan tertinggi kedua. Dapat disimpulkan bahwa 1) pembelajaran multiliterasi telah terlaksana sesuai dengan tahapan-tahapan pembelajaran multiliterasi pada perangkat pembelajaran yang telah divalidasi, 2) minat baca siswa kelas III di Sekolah Dasar meningkat setelah diterapkan pembelajaran multiliterasi, dan 3) penerapan pembelajaran multiliterasi berpengaruh terhadap peningkatan minat baca siswa kelas III UPT SPF SD Inpres Perumnas II.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 16 Jan 2024 05:48
Last Modified: 16 Jan 2024 05:48
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/34964

Actions (login required)

View Item View Item