Strategi Humas dalam Implementasi Kerjasama Sekolah dengan Dunia Usaha/Dunia Industri (DU/DI) di SMK Negeri 3 Takalar.

Nurinsania. M (2024) Strategi Humas dalam Implementasi Kerjasama Sekolah dengan Dunia Usaha/Dunia Industri (DU/DI) di SMK Negeri 3 Takalar.

[img] Text
NURINSANIA. M ARTIKEL JURNAL.pdf

Download (266kB)

Abstract

Nurinsania. M, 2023. Strategi Humas dalam Implementasi Kerjasama Sekolah dengan Dunia Usaha/Dunia Industri (DU/DI) di SMK Negeri 3 Takalar. Skripsi ini dibimbing oleh Syamsurijal Basri, S. Pd., M. Pd. dan Irmawati, S. Pd. M. Pd. Jurusan Administrasi Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini mengkaji tentang strategi Humas dalam Implementasi Kerjasama Sekolah dengan Dunia Usaha/Dunia Industri (DU/DI). Fokus penelitian ini untuk mengetahui gambaran strategi humas dalam implementasi kerjasama sekolah dengan Dunia Usaha/Dunia Industri (DU/DI) di SMK Negeri 3 Takalar. Tujuan dari penelitian ini adalah ntuk meungetahui gambaran strategi humas dalam implementasi kerjasama sekolah dengan Dunia Usaha/Dunia Industri (DU/DI). Adapun pendekatan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan jenis pendekatan deskriptif. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 3 Takalar. Sumber data dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, wakil kepala sekolah bidang humas, ketua jurusan, dan siswa. Teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data menggunakan teknik triangulasi, yakni triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi humas dalam implementasi kerjasama sekolah dengan Dunia Usaha/Dunia Industri (DU/DI) meliputi: (1) Strategi Operasional, meliputi: a) penjajakan mitra kerja, b) penandatanganan MoU oleh sekolah dan instansi mitra kerja, c) melibatkan stakeholders sekolah yakni komite sekolah, kepala sekolah, wakil kepala sekolah bidang humas, ketua jurusan dan guru-guru produktif. (2) Strategi persuasive dan edukatif, meliputi: a) sinkronisasi kurikulum; b) pelaksanaan pembekalan prakerin/PKL. (3) Strategi tanggung jawab sosial, meliputi: a) pelaksanaan kerjasama sesuai dengan MoU dan menjaga kualitas siswa; b) pelaksanaan magang guru, workshop, seminar, lokakarya dan Pendidikan dan pelatihan (Diklat). (4) Strategi koordinatif dan integritas, meliputi: a) penerapan komunikasi dua arah yang efektif, b) verifikasi dan penjajakan siswa, c) penunjukan guru pembimbing sekolah dan industri dan melakukan evaluasi tiga tahap.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > ADMINISTRASI PENDIDIKAN - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 16 Jan 2024 03:15
Last Modified: 16 Jan 2024 03:15
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/34962

Actions (login required)

View Item View Item