Metode Kepala Madrasah Dalam Pengembangan Kompetensi Tenaga Administrasi Di MAN 2 Makassar,

SITI NAIMAH (2024) Metode Kepala Madrasah Dalam Pengembangan Kompetensi Tenaga Administrasi Di MAN 2 Makassar,.

[img] Text
JURNAL_SITI NAIMAH_UNM.pdf

Download (881kB)

Abstract

SITI NAIMAH, 2023. Metode Kepala Madrasah Dalam Pengembangan Kompetensi Tenaga Administrasi Di MAN 2 Makassar, Skripsi. Dibimbing oleh Prof. Dr. H. Arismunandar, M.Pd dan Dr. Wahira, M.Pd. Jurusan Administrasi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini mengkaji tentang Metode Kepala Madrasah Dalam Pengembangan Kompetensi Tenaga Administrasi Di MAN 2 Makassar. Fokus Penelitian ini adalah bagaimana metode kepala sekolah/madrasah dalam meningkatkan kompetensi tenaga administrasi di MAN 2 Makassar dan apa yang menjadi faktor pendukung dan faktor penghambat dalam pengembangan kompetensi tenaga administrasi di MAN 2 Makassar. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui metode kepala sekolah/madrasah dalam meningkatkan kompetensi tenaga administrasi di MAN 2 Makassar dan untuk mengetahui faktor pendukung dan faktor penghambat dalam pengembangan kompetensi tenaga administrasi di MAN 2 Makassar. Pendekatan penelitian ini adalah kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Metode pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Metode analisis data menggunakan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data menggunakan teknik triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Metode kepala madrasah dalam pengembangan kompetensi tenaga administrasi adalah dengan mengikutsertakan tenaga administrasi pada kegiatan pelatihan/training, pembinaan/coaching dan promosi jabatan. (2) Faktor pendukung pengembangan kompetensi tenaga administrasi di MAN 2 Makassar yaitu adanya semangat dan motivasi dari dalam diri setiap tenaga administrasi, adanya sarana dan prasarana yang memadai, serta adanya dukungan dari kepala madrasah. Sedangkan faktor penghambatnya yaitu kurangnya minat dan kesadaran untuk melakukan perubahan dan juga faktor usia.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > ADMINISTRASI PENDIDIKAN - (S1)
ILMU PENDIDIKAN
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 16 Jan 2024 02:14
Last Modified: 16 Jan 2024 02:14
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/34956

Actions (login required)

View Item View Item