Peran humas dalam meningkatkan minat calon peserta didik di SMK Negeri 3 Bone.

RENI WAHYUNI (2024) Peran humas dalam meningkatkan minat calon peserta didik di SMK Negeri 3 Bone.

[img] Text
Jurnal Reni Wahyuni (1943042014).pdf

Download (260kB)

Abstract

RENI WAHYUNI,2023. Peran humas dalam meningkatkan minat calon peserta didik di SMK Negeri 3 Bone. Skripsi. Dibimbing oleh Dr.Muh Ardiansyah, S. Ip, M. Pd dan Sumarlin Mus, S.Pd, M. Pd. Jurusan Administrasi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini mengkaji tentang peran humas dalam meningkatkan minat calon peserta didik di SMK Negeri 3 Bone. Tujuan ini untuk mengetahui gambaran peran humas dalam meningkatkan minat calon peserta didik di SMK Negeri 3 Bone. Adapun pendekatan penelitian ini adalah kualitatif dengan jenis penelitian pendekatan deskriptif. Penelitian ini dilaksanakan di sekolah SMK Negeri 3 Bone. Sumber data penelitian ini adalah kepala sekolah, wakasek humas, guru dua orang. Teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan menggunakan reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data menggunakan teknik triangulasi sumber dan metode. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran humas dalam meningkatkan minat calon peserta didik di SMKN 3 Bone terdiri dari : 1) communicator (penghubung) melakukan komunikasi dengan menyampaikan informasi kepada masyarakat baik secara langsung maupun tidak langsung guna mempromosikan profil sekolah melalui sosial media seperti whatsapp, istagram dan facebook. 2) relationship (pembina hubungan) melakukan pembinaan antara sekolah, siswa, dan orang tua seperti mengadakan kegiatan rapat, dan juga menjalin kerjasama dengan MOU di berbagai mitra industri mencakup kegiatan prakerin atau praktek kerja lapangan (PKL). 3) back up manajemen (manajemen pendukung) dalam pelaksanaan menarik minat calon peserta didik terdapat kegiatan kerjasama dengan osis SMKN 3 Bone serta beberapa mahasiswa KKN tematik UNM ikut berpartisipasi dalam kegiatan. 4) corporate image (pembentukan citra) aktif dalam mengembangkan citra melalui prestasi akademik dan nonakademik, adapun kegiatan di sekolah ialah mengadakan kegiatan ekstrakurikuler, melakukan literasi al-qur’an, shalat berjamaah. kemudian aktif dalam memanfaatkan media sosial untuk menyebarkan kegiatan di sekolah

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > ADMINISTRASI PENDIDIKAN - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 12 Jan 2024 06:55
Last Modified: 12 Jan 2024 06:55
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/34952

Actions (login required)

View Item View Item