Strategi Humas dalam Meningkatkan Citra Madrasah Aliyah Tassbeh Baitul Qur’an Kabupaten Pinrang

Rizky Audya Saputri (2024) Strategi Humas dalam Meningkatkan Citra Madrasah Aliyah Tassbeh Baitul Qur’an Kabupaten Pinrang.

[img] Text
Jurnal Rizky audya saputri.pdf

Download (421kB)

Abstract

Rizky Audya Saputri, 2023. Strategi Humas dalam Meningkatkan Citra Madrasah Aliyah Tassbeh Baitul Qur’an Kabupaten Pinrang. Skripsi dibimbing oleh Dr.Muh.Ardiansyah S.IP.,M.Pd. dan Syamsurijal Basri, S.Pd.,M.Pd. Jurusan Administrasi Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini mengkaji tentang strategi humas dalam meningkatkan citra Madrasah Aliyah Tassbeh Baitul Qur’an Kabupaten Pinrang. Fokus penelitian ini untuk mengetahui strategi humas dalam meningkatkan citra madrasah serta faktor penghambat dan pendukung di Madrasah Aliyah Tassbeh Baitul Qur’an Kabupaten Pinrang. Pendekatan penelitian ini adalah kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Sumber data dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, wakasek humas/hubin, komite, guru, dan masyarakat. Teknik pengumpulan data melalui observasi. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, dan dokumentasi. Tahap analisis data melalui tahap pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan, dan verifikasi data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi humas Madrasah Aliyah Tassbeh Baitul Qur’an Kabupaten Pinrang diantaranya: (1) Strategi Operasional, meliputi; membuat langka langkah untuk meningkatkan citra, (2) Strategi Persuasif dan edukatif, meliputi mensosialisasikan potensi dan keunggulan sekolah dan pembelajaran produktif, (3) Strategi tanggung jawab sosial, meliputi; menganalisis kebutuhan masyarakat, (4)strategi kerja sama, meliputi; pelaksanaan pembuatan surat kepada instansi dan program belajar efektif, (5) Strategi koordinatif dan integrative, meliputi; menciptakan citra positif sekolah, komunikasi timbal balik, program keahlian unggul dan pemanfaatan media komunikasi dan informasi. (6) Faktor pendukung hubungan harmonis terhadap publik berdampak madrasah memperoleh kepercayaan, serta mendapat dukungan dari publik. (7) Faktor penghambat yaitu syarat dan prosedur dari instansi bersangkutan yang tidak dipenuhi madrasah.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > ADMINISTRASI PENDIDIKAN - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 12 Jan 2024 06:51
Last Modified: 12 Jan 2024 06:51
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/34951

Actions (login required)

View Item View Item