Layanan Administrasi dalam Pelakasanaan Kurikulum dimasa Pandemi Covid-19 di SMK Negeri 2 Gowa

ALMUFIRA J (2024) Layanan Administrasi dalam Pelakasanaan Kurikulum dimasa Pandemi Covid-19 di SMK Negeri 2 Gowa.

[img] Text
Almufira J_1843041036.pdf

Download (716kB)

Abstract

ALMUFIRA J, 2022, Layanan Administrasi dalam Pelakasanaan Kurikulum dimasa Pandemi Covid-19 di SMK Negeri 2 Gowa. Skripsi ini dibimbing oleh DR. Ed Faridah, ST,. M.Sc dan Syamsurijal Basri, S.Pd, M.Pd; Jurusan Administrasi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini mengkaji tentang layanan administrasi dalam pelaksanana kurikulum dimasa pandemi Covid-19 di SMK Negeri 2 Gowa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana gambaran layanan administrasi dalam pelaksanaan kurikulum dimasa pandemi Covid-19, faktor pendukung dan faktor penghambat dalam layanan administrasi pelaksanaan kurikulum dimasa pandemi covid-19 di SMK Negeri 2 Gowa. Pendekatan penelitian ini adalah kualitatif dengan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 2 Gowa . sumber data dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, Wakasek Kurikulum, Kepala Tata Usaha Sekolah, Staff Tata usaha, dan Guru. Teknik pengumpulan data dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data berupa pengumpulan data, konsensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Pengecekan data dengan keabsahan menggunakan teknik triangulasi. Hasil penelitian ini secara umum adalah layanan administrasi dalam pelaksanaan kurikulum yang menyangkut layanan pengadministrasian standar isi, standar proses, standar penilaian, standar kelulusan, dan pengadministrasian kurikulum dan silabus. Layanan administrasi disekolah dilaksanakan oleh tata usaha sekolah. Tata usaha sekolah telah berupaya memberikan bantuan dan pelayanan yang optimal dalam berbagai aspek pelaksanaan kurikulum yang berlaku di SMK Negeri 2 Gowa hanya saja ada beberapa kelengkapan dokument dari standar proses, isi, penilaian, dan administrasi silabus dan kurikulum belum disediakan format, dokuemntasi tidak tersusun dengan rapi baik softcopy dan hardcopy. Faktor pendukung layanan administrasi pelaksanaan kurikulum dimasa pandemi covid-19 di SMK Negeri 2 Gowa dari ke-5 sub kegiatan administrasi tersbut ada kerjasama tata usaha sekolah dan wakasek kurikulum dalam memenuhi kebutuhan administarsi guru diantaranya format RPP dan silabus. Faktor penghambat layanan administrasi pelaksanaan kurikulum dimasa pandemi covid-19 di SMK Negeri 2 Gowa diantaranya fasilitas di tata usaha sekola belum memadai dan jumlah staf yang terbatas.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > ADMINISTRASI PENDIDIKAN - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 12 Jan 2024 06:31
Last Modified: 12 Jan 2024 06:31
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/34949

Actions (login required)

View Item View Item