Pengaruh Penggunaan Google Form terhadap Efektivitas Pelaksanaan Evaluasi Di Kelas V SDN 39 Tamalalang Kecamatan Minasatene Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan.

Zulyadi Nawir (2023) Pengaruh Penggunaan Google Form terhadap Efektivitas Pelaksanaan Evaluasi Di Kelas V SDN 39 Tamalalang Kecamatan Minasatene Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan.

[img] Text
Jurnal Zulyadi Nawir.pdf

Download (692kB)

Abstract

Zulyadi Nawir, 2022. Pengaruh Penggunaan Google Form terhadap Efektivitas Pelaksanaan Evaluasi Di Kelas V SDN 39 Tamalalang Kecamatan Minasatene Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Makassar (dibimbing oleh Sayidiman, S.Pd., M.Pd selaku pembimbing I dan Dr. Suarlin, S.Pd., M.Si selaku pembimbing II). Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil evaluasi di sebabkan proses pelaksanaan evaluasi diera pademi di kelas V SDN 39 Tamalalang Kecamatan Minasatene Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan. Jenis penelitian ini adalah eksperimen yang bertujuan untuk (1) Mengetahui gambaran penggunaan Google Form terhadap efektivitas pelaksanaan evaluasi, (2) mengetahui gambaran efektivitas pelaksanaan evaluasi, (3) Untuk mengetahui pengaruh penggunaan Google Form terhadap efektivitas pelaksanaan evaluasi di Kelas V SDN 39 Tamalalang Kecamatan Minasatene Kabupaten Pangkajenne dan Kepulauan. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah google form dan variabel terikat pada penelitian ini adalah efektivitas pelaksanaan evaluasi. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas V SDN 39 Tamalalang, sedangkan sampelnya di bagi dua kelompok dari jumlah sampel sebanyak 30 siswa. Data hasil penelitian diperoleh dengan memberikan angket berupa pre non-test dan post non-test serta lembar observasi keterlaksanaan penggunaan google form terhadap pelaksanaan evaluasi serta dokumentasi sebagai bukti keterlaksanaan penelitian. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial yang terdiri dari uji normalitas, uji homogenitasi dan uji hipotesis menggunakan indevendent sample t-test. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Gambaran penggunaan google form terdahap efektivitas pelaksanaan evaluasi di kelompok eksperimen berlangsung dengan baik. Hal ini dapat dilihat dari keterlaksanaan penggunaan google form terhadapa pelaksanaan evaluasi dengan kategori baik. (2) Efektivitas pelaksanaan evaluasi yang diperoleh pada angket kelompok eksperimen berada pada kaegori sangat efektif sedangkan pada kelompok kontrol nilai angket berada pada kategori efektif dan dari 4 indikator pada efektivitas pelaksanaan evaluasi yang paling berpengaruh pada penggunaan google form adalah indikator perbandingan evaluasi google form dengan konvensional dan peningkatan pengatuan TIK. (3) Terdapat pengaruh penggunaan google form terhadap efektivitas pelaksanaan evaluasi secara signifikan pada kelas V SDN 39 Tamalalang. Hal ini disebabkan nilai thitung > ttabel(4,859 > 2,048).

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 04 Dec 2023 03:43
Last Modified: 04 Dec 2023 03:43
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/34885

Actions (login required)

View Item View Item