Pengaruh model pembelajaran Value Clarification Technique (VCT) terhadap hasil belajar muatan pelajaran PPKn siswa kelas V SDN. Pao-Pao Kabupaten Gowa

Safira Muzdalifah (2023) Pengaruh model pembelajaran Value Clarification Technique (VCT) terhadap hasil belajar muatan pelajaran PPKn siswa kelas V SDN. Pao-Pao Kabupaten Gowa.

[img] Text
Artikel - Safira Muzdalifah.pdf

Download (568kB)

Abstract

Safira Muzdalifah, 2023. Pengaruh model pembelajaran Value Clarification Technique (VCT) terhadap hasil belajar muatan pelajaran PPKn siswa kelas V SDN. Pao-Pao Kabupaten Gowa. Dibimbing oleh Dr. Suarlin, S.Pd., M.Si. dan Hamzah Pagarra, S.Kom., M.Pd. pada Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran model pembelajaran Value Clarification Technique (VCT), hasil belajar pada muatan pelajaran PPKn, dan mengetahui pengaruh pada model pembelajaran VCT terhadap hasil belajar pada muatan pelajaran PPKn kelas V SDN. Pao-Pao Kabupaten Gowa. Pendekatan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan jenis penelitian quasi-experimental. Sampel penelitian ini adalah kelas VB dan VC SDN. Pao-Pao Kabupaten Gowa.Teknik pengumpulan data yaitu, test, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif, dan analisis inferensial dengan menggunakan uji beda (uji-T) berjenis Independent Sample T-Test. Temuan dalam penelitian ini adalah 1) gambaran model pembelajaran VCT pada muatan pelajaran PPKn yang menunjukkan adanya perbedaan dalam pembelajaran pada muatan pelajaran PPKn dengan menggunakan model pembelajaran VCT (2) gambaran hasil belajar siswa pada muatan pelajaran PPKn di kelas V SDN. Pao-Pao dimana hasil belajar menunjukkan peningkatan dalam hasil belajar berupa tes (3) pengaruh pada model pembelajaran VCT terhadap hasil belajar siswa kelas V SDN. Pao-Pao. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran VCT pada muatan pelajaran PPKn terhadap hasil belajar siswa kelas V SDN. Pao-Pao. Sehingga, dapat dikatakan bahwa penerapan model pembelajaran VCT memberikan pengaruh terhadap hasil belajar siswa kelas V SDN. Pao-Pao.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 04 Dec 2023 03:17
Last Modified: 04 Dec 2023 03:17
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/34884

Actions (login required)

View Item View Item