Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Talk Write Terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas V SD Inpres Japing Kecamatan Patalassang Kabupaten Gowa

Muhammad Zulkifli (2023) Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Talk Write Terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas V SD Inpres Japing Kecamatan Patalassang Kabupaten Gowa.

[img] Text
Artikel_Muhammad Zulkifli.pdf

Download (669kB)

Abstract

Muhammad Zulkifli, 2023, Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Talk Write Terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas V SD Inpres Japing Kecamatan Patalassang Kabupaten Gowa. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Makassar (dibimbing oleh Dra. Amrah, S.Pd., M.Pd dan Drs. Lutfi B, M.Kes) Penelitian ini menelaah masalah berikut: (1) Bagaimanakah gambaran penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Think Talk Write pada pembelajaran Bahasa Indonesia kelas V? (2) Bagaimanakah gambaran hasil belajar pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas V sebelum dan sesudah digunakan model pembelajaran kooperatif tipe think talk write? (3) Apakah terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe think talk write terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia kelas V?. Tujuan penelitian ini: (1) Untuk mengetahui gambaran penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Think Talk Write pada pembelajaran Bahasa Indonesia kelas V; (2) Untuk mengetahui gambaran hasil belajar pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas V sebelum dan sesudah digunakan model pembelajaran kooperatif tipe think talk write; (3) Untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe think talk write terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia kelas V. Pendekatan penelitian ini adalah kuantitatif dengan jenis penelitian Quasi Experiment Design. Desain penelitian ini adalah noneequivalent control group design. Pemilihan sampel dalam penelitian ini menggunakan metode probability sampling dengan teknik simple random sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes hasil belajar, lembar observasi, dan dokumentasi. Uji normalitas menggunakan uji Kolmogorov-smimov Test dengan data pretest dan posttest berdistribusi normal

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 04 Dec 2023 03:13
Last Modified: 04 Dec 2023 03:13
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/34883

Actions (login required)

View Item View Item