Penerapan Model Pembelajaran Student Facilitator and Explaining untuk Meningkatkan Hasil Belajar PKN pada Siswa Kelas V SD Negeri 241 Ugi Kecamatan Sabbangparu Kabupaten Wajo.

Amar Kharisman (2023) Penerapan Model Pembelajaran Student Facilitator and Explaining untuk Meningkatkan Hasil Belajar PKN pada Siswa Kelas V SD Negeri 241 Ugi Kecamatan Sabbangparu Kabupaten Wajo.

[img] Text
Artikel.pdf

Download (312kB)

Abstract

Amar Kharisman, 2023. Penerapan Model Pembelajaran Student Facilitator and Explaining untuk Meningkatkan Hasil Belajar PKN pada Siswa Kelas V SD Negeri 241 Ugi Kecamatan Sabbangparu Kabupaten Wajo. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Makassar. (Dibimbing oleh Nasaruddin dan Syamsuryani Eka Putri Atjo). Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana penerapan model pembelajaran Student Facilitator and Explaining untuk meningkatkan proses belajar PKN pada siswa kelas V SD Negeri 241 Ugi Kecamatan Sabbangparu Kabupaten Wajo. Penelitian ini bertujuan untuk menelaah proses dan hasil pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Student Facilitator and Explaining. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif deskriptif dan jenis penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Pelaksanaan tindakan penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus diawali dengan kegiatan pra tindakan kemudian pada setiap siklus terdiri dari 4 tahapan yang meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Sedangkan untuk mengetahui tingkat persentase hasil belajar siswa, peneliti menggunakan lembar observasi dan tes evaluasi akhir pada setiap siklusnya. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa kelas V SD Negeri 241 Ugi Kecamatan Sabbangparu Kabupaten Wajo pada tahun ajaran 2022/2023 yang berjumlah 13 orang siswa terdiri dari 7 orang laki-laki dan 6 orang perempuan. Teknik dan prosedur pengumpulan data yang digunakan adalah tes, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data kualitatif dan kuantitatif. Pada siklus I hasil penelitian pada proses pembelajaran berada pada kualifikasi cukup (C) dan hasil tes belajar pada kualifikasi cukup (C) sedangkan pada siklus II hasil penelitian pada proses pembelajaran berada pada kualifikasi baik (B) dan hasil belajar tes belajar berada pada kualifikasi baik (B). Kesimpulan pada penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran Student Facilitator and Explaining dapat meningkatkan proses dan hasil belajar PKn siswa V SD Negeri 241 Ugi Kecamatan Sabbangparu Kabupaten Wajo

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 04 Dec 2023 02:56
Last Modified: 04 Dec 2023 02:56
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/34881

Actions (login required)

View Item View Item